minyaaaaak TELAN bursa … 211210


Tahun depan harga minyak diprediksi akan mendekati US$100 per barel. Pasar modal bakal terpuruk jika pemerintah mengambil kebijakan menaikan harga BBM.

Ini kabar tak sedap buat investor. Sejumlah analis energi memprediksikan, tahun depan rata-rata harga minyak akan berkisar US$95-100 per barel. Inilah yang membuat para investor, dan juga dunia usaha, ketar-ketir.

Soalnya, jika benar harga minyak akan mencapai angka itu, mau tak mau harga BBM bersubsidi akan dikerek naik. Kemungkinan akan terjadinya kenaikan BBM memang sulit dihindari jika harga minyak benar-benar mendekati US$100 per barel.

Sebab, dengan harga sebesar itu, maka harga keekonomian premium bakal menjadi sekitar Rp7.200 per liter. Harga minyak tanah dan solar pun pasti ikut melambung. Jadi, tergantung pemerintahan, apakah subsidi atau harga BBM yang dinaikan. Yang jelas, “Tahun depan harga minyak US$95-100 per barel,” kata Kurtubi, pengamat migas.

Jika jalan yang diambil pemerintah adalah menaikan harga BBM, dampaknya tentu akan terasa di Bursa Efek Indonesia. Pasar akan makin goyah seandainya kenaikan BBM itu bergerak ke ranah politik.

Seandainya itu terjadi, menurut seorang analis dari Kresna Securities, ujung-ujungnya akan memperlemah rating investasi di Indonesia. “Itu jelas menjadi sentimen negatif bagi pasar modal dalam negeri,” katanya.

Karena itu, si analis mewanti-wanti agar tahun depan para investor lebih bersikap ekstra hati-hati. Sebab, berbagai saham akan mengalami koreksi besar-besaran. Tak hanya di Indonesia, koreksi juga bakal terjadi di bursa dunia.

Namun demikian, bukan berarti peluang memperoleh gain sudah tertutup. “Jika pelemahan indeks benar-benar terjadi, ini saat yang paling tepat untuk melakukan pembelian,” katanya.

Ia menyarankan investor untuk mengoleksi saham pertambangan dan perkebunan. Jadi, kini keputusan ada di tangan investor. Berani ambil risiko atau keluar dulu dari bursa?

Sumber : INILAH.COM

Advertisements

1 Comment (+add yours?)

  1. bursa haber
    Dec 24, 2010 @ 16:54:15

    I like it ı live in bursa

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: