adro DIPAKSA dm0000000000 … 151210


Rabu, 15 Desember 2010 | 11:04 oleh Barratut Taqiyyah kontan
SAHAM BATUBARA
Meski dilanda aksi jual, saham batubara masih sangat menarik

JAKARTA. Pagi ini, saham-saham produsen batubara dilanda aksi jual. Salah satunya adalah saham PT Adaro Energy (ADRO). Pada pukul 11.23, saham ADRO tergerus nyaris 1% menjadi Rp 2.525. bahkan sebelumnya, saham produsen batubara kedua terbesar di Indonesia ini turun 2% menjadi Rp 2.500.

Penurunan juga dialami saham PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA) yang saat ini anjlok 3,07% menjadi Rp 20.500 dan PT Bumi Resources (BUMI) turun 0,84% menjadi Rp 2.950.

Anjloknya saham-saham berbasis batubara ini disinyalir terkait dengan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan batubara dalam negeri atau domestic market obligation (DMO).

Asal tahu saja, tahun depan, pemerintah mewajibkan para produsen batubara mengalokasikan 24,17% hasil produksi batubaranya untuk memenuhi kebutuhan batubara dalam negeri. Hal ini sudah pasti akan mempengaruhi kinerja perusahaan batubara ke depannya.

Kendati tengah mengalami penurunan, analis PT Universal Broker Satrio Utomo menilai, saktor komoditas termasuk di dalamnya batubara masih sangat menarik. Pasalnya, “Tingkat likuiditas global masih sangat besar sehingga menekan pergerakan dollar. Kalau sudah begitu, harga komoditas akan terus naik,” jelasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: