pemilik saratoga … 051210


Edwin Soeryadjaya Jadi Wirausahawan 2010
Jumat, 26 November 2010 | 00:13 WIB
Riana Afifah

JAKARTA, KOMPAS.com — Chairman Saratoga Group, Edwin Soeryadjaya, dianugerahi oleh perusahaan Ernst & Young sebagai Indonesian Entrepreneur Of The Year 2010 atau Wirausahawan Indonesia Tahun 2010.

Acara pengumuman penganugerahan itu diumumkan secara langsung oleh Chief Executive Officer (CEO) Ernst & Young Giuseppe Nicolosi di sebuah hotel di Jakarta Selatan, Kamis (25/11/2010) malam.

Edwin adalah pendiri dari Saratoga Investama Sedaya, perusahaan investasi terkemuka di Indonesia.

Selain itu, ia juga menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Adaro Energy Tbk, berdiri sejak 2004 dengan nama PT Padang Kurnia. Saat ini Adaro Energy merupakan perusahaan produksi batu bara termal terbesar kedua di Indonesia, dan penyuplai penting pasar batu bara termal global.

Kapasitas perusahaan tersebut saat ini adalah sekitar 45 Mt per tahun, dan pada akhir 2013 berencana meningkatkan kapasitas produksinya menjadi 80 Mt per tahun.

Edwin mengungguli sejumlah finalis lainnya, antara lain Antarina SF Amir (High Scope Indonesia Institute), Elang Gumilang (Elang Group), Erwin Aksa (Bosowa), dan Reggy Wijaya (PT Tetra Konstruksindo).

Adapun Rawono Sosrodimulyo (PT Aditec Cakrawiyasa) menjadi pemenang dalam kategori Manufacture Innovation Award, Tan Eng Liang (SOHO Group) menjadi pemenang dalam kategori Health Product Innovation Award, dan Santoso (KBR68H) menjadi pemenang dalam kategori Social Entrepreneur Award.

“Para finalis tersebut telah menunjukkan kontribusi secara signifikan pada negara ini, dengan membawa perusahaan mereka hingga ke tingkat suksesnya sekarang ini,” kata Giuseppe Nicolosi.

Menurut Nicolosi, para wirausahawan itu juga telah memotivasi generasi wirausahawan mendatang dan dengan demikian memperkaya budaya kewirausahaan yang terdapat di Indonesia.

Ernst & Young Entrepreneur of the Year adalah salah satu program penghargaan bisnis terkemuka di Indonesia dan satu-satunya program penghargaan bisnis di Tanah Air yang memiliki landasan internasional.

Penghargaan tersebut pertama kali dipersembahkan di Amerika Serikat pada tahun 1986 dan di Indonesia pada tahun 2001.

Pemenang penghargaan dari Indonesia akan bergabung dengan wirausahawan pemenang penghargaan yang sama yang terdapat di sekitar 50 negara lainnya untuk mengikuti penghargaan Ernst & Young World Entrepreneur of The Year di Monte Carlo, Juni 2011.
ANT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: