roket adro … 261110


Kebutuhan batu bara PLN bakal meroket
JAKARTA:

Article Rank

0diggsdigg

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) membutuhkan pasokan volume batu bara untuk produksi listrik pada 2014 mencapai 95,3 juta ton atau naik 164,72% dari kebutuhan tahun ini 36 juta ton.

Sementara kebutuhan untuk tahun depan, kata Direktur Energi Primer PLN Nur Pamudji, naik 63,89% dibandingkan dengan tahun ini.

“Tahun depan volume batu bara yang dikontrak PLN diperkirakan 59 juta ton. Sementara untuk 2014 batu bara yang dibakar di PLTU PLN mencapai 95,3 juta ton,“ ujar Nur Pamudji kepada Bisnis, kemarin.

Pamudji menyebutkan kalau kebutuhan batu bara untuk tahun depan akan dipenuhi dari PKP2B (perjanjian karya pengusahaan pertambangan batu bara) dan KP (kuasa pertambangan).

Namun demikian, dia enggan memerinci identitas serta besaran volume dan pemasok batu bara tersebut.

Terkait dengan pasokan batu bara, PT Adaro Energy Tbk mengungkapkan kalau akan menambah pasokan untuk PLN sebanyak 2 juta ton mulai tahun depan.

Deputy Corporate Secretary Adaro Energy Devindra Ratzarwin mengatakan tahun ini Adaro memasok kebutuhan batu bara PLN sekitar 6 juta-7 juta ton. “2011 akan ada tambahan 2 juta ton Envirocoal-Wara,“ ujarnya.

Selain Adaro, PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA) juga berencana menyiapkan tambahan 14,5 juta ton batu bara guna meningkatkan pasokan bahan bakar pembangkit listrik PLN.

Direktur Utama PTBA Sukrisno sempat mengungkapkan tambahan 14,5 juta ton batu bara tersebut rencananya dipasok secara bertahap selama 20 tahun ke depan.
Dengan adanya tambahan tersebut, maka total kebutuhan batu bara PLN yang dipasok PTBA menjadi 22,5 juta ton.

Kebutuhan PLN akan batu bara terus meningkat dari tahun ke tahun, seiring dengan gencarnya penambahan pasokan listrik yang disiapkan perusahaan listrik pelat merah tersebut.

Penambahan tersebut salah satunya terkait dengan megaproyek listrik 10.000 megawatt (MW) tahap I dan 10.000 MW tahap II. (1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: