minyaaa($81)aak … 231110


Selasa, 23/11/2010 07:03:27 WIB
Krisis Eropa juga jatuhkan minyak
Oleh: Bloomberg
DALLAS: Harga minyak mentah jatuh untuk hari kedua di tengah spekulasi bahwa krisis utang Eropa akan menyebar dan menghambat pertumbuhan ekonomi serta mengurangi jumlah permintaan akan minyak.

Harga minyak melemah 0,3% setelah Moody’s Investors Service menyatakan bahwa dana talangan yang dikeluarkan oleh Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional pada Irlandia dapat meningkatkan beban utang dan melahirkan rating “credit negative” pada negara tersebut.

“Terdapat beberapa pertanyaan mengenai situasi yang sedang berkembang dan optimisme tampaknya telah memudar,” ungkap Tom Bentz, pialang di BNP Paribas Commodity Futures Inc, New York.

Harga kontrak minyak mentah untuk pengiriman Januari melemah 24 sen pada level US$81,74 per barel di bursa komoditas New York Mercantile Exchange. Harga telah naik 6,5% dalam setahun terakhir. Harga minyak mentah jenis brent untuk pengiriman Januari melemah 38 sen atau 0,5% menjadi US$83,96 per barel di bursa berbasis London, ICE Futures Europe.

Hedge fund manager memangkas optimisime taruhan pada perdagangan minyak dalam level tertinggi pada tiga bulan terakhir ditengah spekulasi bahwa krisis utang Irlandia dan langkah China untuk menekan inflasi akan memperlambat pertumbuhan ekonomi dan menurunkan permintaan akan minyak mentah.

Indeks Thomson Reuters/Jefferies CRB yang ditopang oleh 19 komoditas melemah 0,3% menjadi 298,02. Penurunan ketujuh dalam sembilan hari terakhir.

Nilai tukar dolar menanjak 0,4% menjadi US$1,3613 per euro dari US$1,3673 pada 19 November di New York. Menguatnya nilai dolar ternyata menurunkan daya tarik komoditas sebagai alternative investasi.

Harga minyak jatuh terbanyak dalam tiga bulan pekan lalu setelah China memerintahkan bank-bank di negara tersebut untuk meningkatkan jumlah dana cadangan untuk memperlambat pertumbuhan ekonomi dan menekan inflasi pada negara dengan konsumsi energy tertinggi di dunia tersebut.

Volume minyak di perdagangan elektronik di bursa Nymex mencapai 401.246 kontrak pada pukul 15:15 waktu New York. Total volume mencapai 556.151 kontrak pada 19 November atau lebih rendah 22% dari volume rata-rata pada tiga bulan terakhir. Penawaran awal mencapai 1,34 juta kontrak. (T02/ln)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: