energi terbarukan: sarana pompa energi listrik … 231110


Stasiun Pengisian Mobil Listrik Pertama Dibuka Rabu Besok
Senin, 22 November 2010 | 22:07 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta – Teroboson menjanjikan dilakukan Mercedes-Benz Indonesia. Pemegang merek premium asal Jerman itu akan meresmikan Intelligent Charging Station atau stasiun pengisian kendaraan bertenaga listrik pertama di Jakarta. Rencananya stasiun pengisian setrum itu akan dilakukan Rabu (24/11) besok.

Proyek ini merupakan kerja sama antara Mercedes-Benz Indonesia, Siemens Indonesia, dan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Jakarta. Mobil listrik yang akan digunakan adalah smart electric drive atau smart EV dan stasiun pengisian baterai dibuat Siemens.

“Ini adalah stasiun pengisian mobil smart pertama di Indonesia dan Asia. Bahkan inilah stasiun pengisian mobil listrik pertama di Indonesia,” kata Dhani M. Yahya, Deputy Director Sales and Marketing smart yang berada di bawah PT Mercedes-Benz Indonesia, ketika dihubungi Senin (22/11) malam.

Dhani mengatakan sebenarnya listrik untuk pengoperasian smart EV bisa menggunakan listrik biasa dari rumah. Ia mengatakan baterai yang digunakan pada smart adalah baterai lithium, sama seperti yang digunakan pada telpon genggam.

Hanya saja, jika mengisi di rumah yang membutuhkan waktu 3-8 jam, baterai akan terus terisi meski sudah penuh. Sedangkan di stasiun ini — mengapa kemudian disebut intelligent — karena akan berhenti otomatis mengisi saat baterai penuh.

“Selain itu di stasiun ini tidak akan ada tegangan listrik yang naik turun seperti di rumah. Jadi untuk menjaga life time dari baterai-nya agar lebih panjang dan tidak cepat drop,” terang Dhani.

Ketika ditanya mengenai lokasinya, Dhani masih belum mau mengungkapkan. “Tunggu saja Rabu besok,” katanya. Peresmian yang akan dilakukan di Balai Kota Jakarta ini akan dihadiri Rudi Borgenheimer, President and CEO Mercedes-Benz Indonesia, Hans Peter Haesslein President and CEO Siemens Indonesia, serta Fauzi Bowo Gubernur DKI Jakarta.

RAJU FEBRIAN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: