minyaaa($81)aak …191110


Minyak mentah naik 1,8%
Jumat, 19/11/2010 08:11:33 WIB
Oleh: Bloomberg
DALLAS: Minyak mentah naik dalam dua minggu seiring Irlandia mulai mendekati bailout keuangan yang di motori oleh Uni Eropa. Hal itu memperkuat euro dan mendorong komoditi.

Minyak mematahkan penurunannya selama empat hari setelah gubernur bank sentral Irlandia berharap negaranya mau mencari bantuan. Kontrak berjangka juga naik setelah laporan AS kemarin menunjukan pasokan minyak mentah secara tidak terduga turun terendah sejak Agustus 2009 dan harga dipatok diatas pendukung teknis di level US$80 per barel.

“Data Irlandia dan dolar telah menambahkan sedikit harga pendukung hari ini. Secara umum, pergerakan pasar baru-baru ini mungkin didorong oleh faktor teknis daripada fundamental, meskipun bullish tercatat dalam papan laporan persediaan kemarin,” kata Jason Schenker, presdir Prestige Economics LLC, konsultan energi berbasis di Austin, Texas.

Minyak mentah untuk pengiriman Desember naik US$1,41 atau 1,8% menyentuh level US81,85 per barel di New York Mercantile Exchange. Harga tersebut telah naik 2,9% bulan sebelumnya.

Kontrak berjangka menyentuh level US$80,06 per barel kemarin, terendah sejak 20 Oktober dan mendekati batas Bollinger band atau US$79,48 per barel. Bollinger band mencerminkan ayunan harga terdahulu serta pendukung layak dan level penahan.

Gubernur Bank Sentral Irlandia Patrick Honohan dalam sebuah wawancara dengan badan penyiaran negara RTE hari ini, berharap negaranya mau meminta puluhan miliar euro dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk menyelamatkan bank-bank miliknya.

“Jika pembicaraan ini adalah untuk menghasilkan modal pendanaan kontingensi substansial yang tidak perlu diputuskan maka hal ini akan menjadi hasil yang sangat diinginkan,” ujar Menteri Keuangan Lenihan Brian dalam parlemen Irlandia di Dublin, hari ini. Ia mengatakan tidak ada kesepakatan yang tercapai. (htr)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: