elsa RAUP dana … 121110


Elnusa Divestasi 100% Saham Anak Usaha
Headline
IST
Oleh: Agustina Melani
Pasar Modal – Jumat, 12 November 2010 | 17:09 WIB

INILAH.COM, Jakarta PT Elnusa Tbk telah menandatangani Sale and Purchase Agreement (SPA) untuk divestasi atau pelepasan 100% kepemilikan saham pada salah satu Anak Perusahaan, Elnusa Bangkanai Energy Ltd (EBE).

SPA EBE senilai US$11,2 juta ditandatangani oleh Elnusa dan Salamander Energy Group Limited sebagai pembeli EBE, Kamis (11/11) kemarin. EBE yang 100% sahamnya dimiliki oleh Elnusa, mempunyai 80% working interest di Lapangan Migas Bangkanai, Kalimantan Tengah.

Elnusa mendapatkan kepemilikan dan operatorship lapangan Bangkanai pada tahun 2003 untuk jangka waktu 30 tahun. Dengan transaksi tersebut, Elnusa melepas seluruh kepemilikan saham di EBE, namun masih tetap mempertahankan 11% kepemilikan working interest di Lapangan Bangkanai, melalui perusahaan afiliasi yaitu Chariot International Ltd.

Setelah divestasi, komposisi pemegang working interest Lapangan Bangkanai adalah EBE (69%), Bangkanai Petroleum (L) Berhad (15%), Chariot International Ltd. (11%) dan Mitra Energia Bangkanai (5%). Divestasi ini sejalan dengan strategi Perseroan untuk meningkatkan profitabilitas dan pertumbuhan dengan fokus di jasa hulu migas terintegrasi. Walaupun Elnusa melepas 100% kepemilikan dan operatorship di EBE, namun Elnusa tetap memiliki 11% working interest di Lapangan Bangkanai untuk dapat memberikan akses yang lebih mudah bagi Elnusa untuk melakukan kegiatan jasa hulu migas terintegrasinya di lapangan tersebut, papar Suharyanto, Direktur Utama Elnusa dalam siaran persnya, Jumat (12/11).

Suharyanto yakin, ke depan industri migas semakin membaik dan prospektif ditandai semakin meningkatnya investasi migas setiap tahunnya. Menurutnya, berbekal kompetensi dan pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang jasa hulu migas dan didukung oleh industri yang menarik, merupakan prospek bagi Elnusa untuk terus berkembang. Terlebih lagi dengan masuknya dana hasil divestasi yang akan menambah kemampuan Perseroan untuk melakukan investasi pada peralatan terbaru, sehingga Elnusa lebih siap untuk berkompetisi di pasar industri jasa hulu migas.

Di masa mendatang, Elnusa akan semakin fokus untuk melakukan investasi jasa hulu migas sebagai kelanjutan dari strategi Perseroan tahun ini, sehingga dapat memberikan nilai lebih kepada pelanggan dan pemegang saham. Namun begitu, Elnusa tidak menutup kemungkinan untuk melakukan diversifikasi bisnis melalui kepemilikan working interest lapangan migas. Hanya saja porsi kepemilikannya tidak sebagai mayoritas dan bukan sebagai operator, namun sebagai strategi untuk kepentingan sinergi dengan
kegiatan jasa hulu migas yang merupakan bisnis inti Elnusa, tambah Suharyanto. [cms]
Jumat, 12/11/2010 17:08 WIB
Elnusa Lepas Anak Usaha US$ 12,2 Juta ke Salamander Energy
Whery Enggo Prayogi – detikFinance

Jakarta – PT Elnusa Tbk (ELSA) melakukan divestasi 100% anak perusahaannya, Elnusa Bangkanai energy Ltd. (EBE) senilai US$ 11,2 juta kepada Salamander Energy Limited.

Demikian disampaikan Direktur Utama perseroan, Suharyanto dalam rilis resminya di Jakarta, Jumat (12/11/2010).

Divestasi ini ditunjukan dengan telah ditandatanginya Sale and Purchase Agreement (SPA) antara ELSA dengan Salamander Energy Limited pada Kamis (11/12/2010) kemarin. Dengan demikian perseroan melepas seluruh saham miliknya di EBE.

Namun, lanjut Suharyanto, ELSA masih mempertahankan 11% kepemilikan working interest di Lapangan Bangkanai, melalui perusahaan afiliasi yakni Chariot International Ltd.

“Divestasi menjadi strategi perseroan untuk meningkatkan profitabilitas dan pertumbuhan. 11% working interest di Lapangan Bangkanai untuk memberi akses yang lebih mudah bagi Elnusa, guna melakukan kegiatan jasa hulu migas terintegrasi di lapangan tersebut,” tambahnya.

Usai divestasi, komposisi kepemilikan working interest Lapangan Bangkanai menjadi, EDE (69%), Bangkanai Petroleum (L) Berhad (15%), Chariot International Ltd (11%), serta Mitra Energia Bangkanai (5%).

Ia menambahkan, perseroan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan diversifikasi bisnis, melalui kepemilikan working interest lapangan migas. Hanya saja bukan menjadi pemilik mayoritas dan bukan sebagai operator.

(wep/ang)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: