minyaaa($86)aak … 111110


Dolar Menguat, Minyak Asia Turun di Bawah US$87
Headline
inilah.com/Agung Rajasa
Oleh:
Ekonomi – Rabu, 10 November 2010 | 13:12 WIB
INILAH.COM, Bangkok – Harga minyak memperpanjang penurunan di Asia Rabu (10/11) akibat penguatan dolar.

AP melaporkan benchmark minyak untuk pengiriman Desember turun 32 sen ke $ 86,41 per barel di tengah hari Bangkok dalam perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange. Kontrak kehilangan 34 sen untuk menetap di $ 86,72 per barel pada Selasa. Pelemahan dolar membantu mendorong minyak ke $ 87,63 per barel selama perdagangan Selasa, atau ke level tertinggi sejak Oktober 2008, ketika krisis keuangan global berlangsung.

Tetapi kenaikan harga minyak ini menjadi turun akibat penguatan dolar pada perdagangan Asia Rabu. Karena harga komoditas dalam dolar, penguatan dolar berarti membuat minyak menjadi lebih mahal untuk pembeli yang menggunakan mata uang lainnya.

Minyak dan harga energi lain telah naik selama berminggu-minggu karena para pedagang mengambil keuntungan dari melemahnya dolar AS akibat rencana Federal Reserve untuk melepas dolar ke pasar untuk merevitalisasi perekonomian.

Banyak analis memperkirakan minyak bisa mencapai US $ 90 per barel pada akhir tahun. Badan Energi Internasional mengatakan konsumsi energi global telah diperkirakan meningkat 36 persen menjadi 16,7 miliar metrik ton ekuivalen minyak di 2035.

Permintaan China akan melompat 75 persen, yang merupakan lebih dari sepertiga peningkatan penggunaan energi, IEA memperkirakan pada Outlook Energi Dunia tahunan. Laporan IEA juga memperkirakan harga minyak bisa mencapai $ 135 per barel dan akan menjadi rata-rata $ 113 per barel pada 2035, dibandingkan dengan rata-rata $ 60 di 2009. Dikatakan harga yang lebih tinggi diperlukan untuk membawa permintaan menjadi seimbang dengan pasokan.

Pada perdagangan Nymex lainnya dalam kontrak Desember, minyak hasil pemanasan mantap di $ 2,40 per galon dan bensin naik 1 persen menjadi $ 2,18 per galon. Gas alam turun 2 sen menjadi US $ 4,19 per 1.000 kaki kubik. Di London, minyak mentah Brent turun 39 sen menjadi $ 87,94 per barel di bursa ICE Futures. [cms]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: