minyaaa($85)aak … 041110


Pengumuman The Fed Bikin Minyak Meroket ke USD85/Barel
Kamis, 4 November 2010 – 15:39 wib

Andina Meryani – Okezone

BANGKOK – Harga minyak mentah kembali meroket setelah The Fed memutuskan untuk membeli obligasi pemerintah Amerika Serikat (AS) senilai USD600 miliar untuk merangsang perekonomian AS. Keputusan The Fed tersebut membuat harga minyak mentah menembus USD85 per barel pada hari ini.

Sebagaimana dikutip dari Associated Press (AP), Kamis (4/11/2010), benchmark untuk pengiriman Desember hari ini naik 63 sen pada USD85,32 per barel pada sore waktu Bangkok dalam perdagangan elektronik di New Yok Merchantile Exchange (Nymex).

Sebenarnya keputusan The Fed itu tidak mengejutkan pelaku pasar tetapi menegaskan bahwa ekspektasi pelemahan dolar Amerika akan lebih lanjut dan akan lebih mendorong harga komoditas seperti minyak. Hal ini karena minyak mentah dihargai dalam mata uang dolar Amerika, sehingga pelemahan dollar membuat komoditas ini semakin menarik bagi pembeli yang menggunakan mata uang asing.

Setelah spekulasi terhadap keputusan The Fed akhirnya diputuskan, maka fokus utama saat ini beralih ke masalah mendasar yaitu supply dan demand.

“Dalam laporan mingguannya, Departemen Energi AS mengatakan bahwa persediaan minyak mentah meningkat sebesar dua juta barel menjadi 368,2 juta barel hingga 29 Oktober lalu. Angka ini meningkat 9,6 persen dibandingkan periode tahun lalu dan tetap berada diatas rata-rata pada tahun ini.

Pada perdangan Nymex lainnya hari ini untuk kontrak Desember minyak pemanas naik satu sen menjadi USD2,34 per galon, bensin naik tiga sen menjadi USD2,14 per galon dan gas alam naik satu sen menjadi USD3,84 per 1.000 kaki kubik. Sementara itu di London minyak mentah Brent naik 53 sen menjadi USD86,91 per barel di bursa ICE Futures.(adn)(rhs)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: