minyaaa($83)aak … 031110


Rabu, 03/11/2010 06:56:01 WIB
Minyak mentah naik tertinggi dalam 6 bulan
Oleh: Bloomberg
DALLAS: Harga minyak mentah naik hingga level tertinggi dalam enam bulan saat dolar melemah terhadap mata uang lain karena spekulasi Federal Reserve akan mengambil kebijakan untuk merangsang ekonomi.

Harga minyak mentah terkerek 1,2% saat penurunan dolar menambah daya tarik komoditas sebagai investasi alternatif. The Fed mungkin akan mulai memberi stimulus segar hari ini, dengan mengumumkan rencana untuk membeli surat utang jangka panjang sedikitnya senilai US$500 miliar, menurut ekonom yang disurvei Bloomberg News.

“Ini akibat melemahnya dolar dan harapan paket stimulus,” ujar Tom Bentz, pialang di BNP Paribas Commodity Futures Inc di New York. “Setengah triliun dolar harusnya diperdagangkan sejak reli dari September hingga Oktober, tetapi orang sudah mengantisipasi akan lebih banyak dari itu.”

Harga minyak mentah untuk pengiriman Desember naik 95 sen menjadi US$83,90 per barel di bursa New York Mercantile Exchange, harga tertinggi sejak 3 Mei. Harga minyak sudah mendaki 7,4% setahun ini.

Harga minyak berjangka naik setelah American Petroleum Institute pada pukul 16:30 melaporkan bahwa cadangan minyak mentah AS menyusut 4,14 juta barel menjadi 367.6 juta. Harga minyak untuk pengiriman Desember naik US$1,49 atau 1,8% menjadi US$84,44 per barel dalam perdagangan secara elektronik pada pukul 16:39. Harga tersebut merupakan harga harian tertinggi sejak 4 Mei.

The Fed, yang menggelar rapat kemarin dan hari ini, diperkirakan akan mengumumkan program pembelian surat utang untuk mendorong ekonomi, mengurangi pengangguran dan menaikkan inflasi, menurut 53 dari 56 ekonom yang disurvei Bloomberg News.

Harga minyak brent untuk pengiriman Desember naik 79 sen atau 0,9% menjadi US$85,41 per barel di bursa ICE Futures Europe, level tertinggi sejak 4 Mei. (t04)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: