koreksi sasaran anak usaha adro … 031110


Anak usaha Adaro revisi target
OLEH FIRMAN HIDRANTO Bisnis Indonesia
SINGAPURA

PT Saptaindra Sejati, anak usaha PT Adaro Energy Tbk yang bergerak di jasa kontraktor pertambangan batu bara, menurunkan target batu bara yang diangkut dari semula 22 juta ton hingga akhir tahun menjadi 18,4 juta ton.

Deputy Corporate Secretary PT Adaro Energy Devindra Ratzarwin mengakui adanya penyesuaian target batu bara yang diangkut anak perusahaan tersebut.

“Secara keseluruhan, dan juga dialami kontraktor tambang lainnya, faktor curah hujan yang abnormal sangat mempengaruhi kinerja kontraktor pertambangan,” ujarnya kemarin.

Hingga akhir tahun, Saptaindra menargetkan batu bara yang diangkut mencapai 18,4 juta ton dan la
pisan penutupan (overburden) sebanyak 126,4 juta bcm. Dengan kondisi cuaca yang abnormal, lanjutnya, manajemen Adaro harus melakukan penyesuaian.

Hinggga kuartal III tahun ini, Saptaindra telah menangani penambangan batu bara mencapai 29% dari total produksi Adaro sebanyak 31,84 juta ton. Saptaindra juga melayani jasa kontraktor tambang bagi perusahaan tambang lainnya.

Selain Saptaindra, produksi tambang Adaro juga dikerjakan oleh kontraktor PT Pamapersada Nusantara dengan porsi 38%, PT Bumi Makmur Mandiri Utama dan PT Rahman Abdijaya masing-masing 18% dan 13%.

Sementara itu, Platts, lembaga yang menyediakan informasi harga energi dunia, menempatkan Adaro dalam jajaran tiga besar perusahaan yang memiliki pertumbuhan tercepat di Asia, terutama dari sisi pendapatan dalam 3 tahun terakhir.

Dari sisi global, perusahaan pertambangan batu bara itu menduduki posisi ke-9 dari 50 perusahaan yang masuk dalam katagori memiliki pertumbuhan pendapatan tercepat dari 50 perusahaan yang memiliki aset lebih dari US$2 miliar.

Boy Garibaldi Tohir, Presdir Adaro, menyebutkan pihaknya sangat mengapresiasi peringkat Platts.

“Yang jelas, penempatan peringkat Platts kepada Adaro tentunya berbasis informasi kinerja yang selalu diumumkan tepat waktu sebagai perusahaan yang telah listed. Kami bangga dapat penghargaan Platts dan ini akan memacu kami untuk lebih baik lagi.” Presiden Platts Lawrence Neal mengemukakan posisi peringkat Adaro itu berdasarkan pencapaian kinerja perusahaan yang luar biasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: