minyaaa($79)aak … 2010-2010


Minyak di Perdagangan Asia Naik ke US$79,90/barel

IST
Oleh :
Ekonomi – Rabu, 20 Oktober 2010 | 14:17 WIB

INILAH.COM, Singapura – Pada perdagangan Asia, harga minyak menunjukan kenaikan atau rebound Rabu (20/10). Walaupun masih di bawah US$80per barel.

Untuk kontrak utama New York untuk minyak mentah jenis light sweet pengiriman November naik 41 sen ke posisi 79,90 dolar per barel setelah sempat turun 33,49 dolar pada Selasa, penurunan dalam sehari terbesarnya sejak awal Februari.

“Koreksi harga minyak Selasa lalu akibat berbagai langkah mengejutkan yang dilakukan China dengan menaikkan tingkat suku bunga. Kekhawatiran kalau China akan memperlambat laju pertumbuhan ekonominya dan akan mengurangi pembelian berbagai komoditas dan juga lainnya,” kata analis konsultan energi Purvin and Gertz, yang berbasis di Singapura, Victor Shum seperti dikutip dari AFP.

Pergerakan minyak sempat melemah akibat kenaikan mengejutkan dalam tingkat suku bunga China. Kebijakan pemerintah China Selasa kemarin menaikkan tingkat suku bunga, merupakan pertama kalinya dalam hampir tiga tahun.

Shum mengatakan, minyak diperkirakan akan pulih karena berbagai faktor yang mendorong harga di atas 80 dolar per barel, termasuk suatu perkiraan pelemahan dalam dolar AS.

Pemogokan di Prancis yang mengancam pertumbuhan ekonomi di mana juga membantu mendorong harga minyak menguat, kata Shum, seraya menambahkan bahwa aksi massa di mana bisa menyebabkan kekurangan pasokan bahan bakar.

The People`s Bank of China, bank sentral negara itu meningkatkan bunga pinjaman yuan jangka waktu satu tahun menjadi 5,56 persen dari sebelumnya 5,31 persen dan suku bunga tabungan yuan setahun menjadi 2,5 persen dari 2,25 persen. [hid]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: