recapital cari YANG BARU … 111010


loading

Recapital kaji konsolidasi bank
OLEH HENDRI T. ASWORO Bisnis Indonesia

Article Rank

0digg

PT Recapital Advisor siap melakukan konsolidasi terhadap PT Bank Pundi Indonesia Tbk dengan PT Bank Kesejahteraan Ekonomi.
Komitmen investasi di Bank Pundi jangka panjang JAKARTA: PT Re – capital Advisor siap me – lakukan konsolidasi te r – hadap PT Bank Pundi Indonesia Tbk dengan PT Bank Kesejahteraan Ekonomi.

Chairperson Recapital Advisor Sandiaga S. Uno mengatakan saat ini pihak manajemen masih meng kaji kemungkinan dan ke untungan dalam melakukan konsolidasi Bank Pundi dengan Bank Kesejahteraan.
“Kami kan ada saham di Bank Ke sejahteraan, ya kami masih telaah. Bagus kami dukung ada nya konsolidasi perbankan ka rena masalah yang dihadapi per bankan kan minimnya memperoleh akses permodalan,” ujar nya pekan lalu.

Jauh sebelum mengakuisisi

Bank Eksekutif yang kemudian ber ganti nama menjadi Bank Pundi, Recapital telah membeli saham Bank Kesejahteraan. Sa ham per usahaan investasi itu mencapai 21,03%.
Recapital pada 2008 berambisi untuk mening kat kan kepemilikan saham hingga mayoritas di Bank Kesejahte raan. Namun, rencana tersebut tak direstui oleh pemegang sa ham mayoritas, yak ni Induk Ko perasi Pegawai Re publik Indo ne sia (IKPRI) yang menguasai 58,92%.

Hingga akhirnya pada tahun ini, Recapital membeli Bank Pun di yang ‘terpaksa’ dilepas pemiliknya karena ‘sakit-sakitan’ akibat lonjakan rasio kredit ber ma salah yang tak membaik.

Recapital mengucurkan dana sebesar Rp368,820 miliar untuk mem beli 61,71% saham Bank Pundi. Recapital juga menggandeng IF Service Netherland BV un tuk menjadi pembeli siaga 24% saham atau senilai Rp143,43 miliar. Total nilai rights

issue mencapai Rp512,25 miliar.
Perusahaan invetasi itu me nyer ap seluruh saham milik keluarga Widjaja. Sebelum dibeli kom posisi pemegang saham Bank Pundi adalah Lunardi Wi djaja 50,66%, Lusiana Widjaja 14,49%, Irawati Widjaja 4,76%, Sinthyawati Widjaja 4,76%, Setiawan Widjaja 4,6% dan public 20,74%. Total saham keluarga Widjaja 79,26%.

Bank Kesejahteraan per Juli 2010 memiliki aset sebesar Rp1,88 triliun dan portofolio kre dit sebesar Rp1,59 triliun, se dang kan laba Rp19,28 miliar.

Adapun, Bank Pundi memiliki aset sebesar Rp1,39 triliun dan por tofolio kredit sebesar Rp666,17 miliar. Bank itu mem bu kukan rugi Rp209,9 miliar.

Sandiaga menambahkan jika kedua bank tersebut dikonsolida si kan, manajemen tetap akan mem fokuskan bisnis pada sektor usaha kecil dan ritel. “Kami kon sentrasi pada ritel dan UMKM.” Direktur Utama Bank Pundi

Gandhi G. Putra Ismail menilai Recapital memiliki komitmen jangka panjang di bank tersebut.
“Saya sudah tanya ke peme gang saham baru, apakah mereka mau menjadikan bank ini biasa

biasa saja atau luar biasa. Mereka sampaikan kepada saya, kalau Recapital memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan Bank Pundi.“ (02/07) (hendri.asworo@bisnis.co.id)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: