adro menggantikan bumi … 280910


28/09/2010 – 10:40

Tinggalkan BUMI, Beralih ke yang Lain
Asteria
INILAH.COM, Jakarta – Beberapa analis merekomendasikan jual saham PT Bumi Resources (BUMI). Hal ini terkait mundurnya beberapa standby buyer dan antisipasi mahalnya price earning (PE) perseroan.

Janson Nasrial, analis pasar modal dari AmCapital merekomendasikan investor untuk menjual saham BUMI. Sentimen negatif berasal dari turunnya jumlah saham baru untuk non preemptive RI dari 10% jadi 7%, karena beberapa standby buyer mundur. “Mereka mengkhawatirkan beban bunga yang tinggi akan menekan laba BUMI,” ujarnya kepada INILAH.COM.

Senada dengan Yuganur Widjanarko, analis senior di HD Capital. Menurutnya, setelah right issue, P/E BUMI akan menjadi mahal. Hal ini seiring bertambahnya jumlah saham BUMI yang beredar. Kondisi ini pun akan memicu profit taking dan menekan harga BUMI menuju harga teoritis ex right, kira-kira di Rp1.900 per saham. “Sell saham BUMI,” ujarnya.

Seperti diketahui, BUMI akan melakukan rights issue sebesar 7,06% saham dari rencana awal maksimal 10%. Dengan harga saham Rp2.366, Perseroan menargetkan perolehan dana sebesar Rp3,24 triliun dari target awal Rp4,46 triliun (US$495,89 juta).

Menurut Direktur BUMI, Dileep Srivastava, dana hasil rights issue ini nantinya akan digunakan untuk melunasi utang Perseroan sebesar US$800 juta pada akhir 2010 dan US$1 miliar pada 2011. Penerbitan saham baru melalui HMETD ini rencananya akan mulai dicatatkan di BEI pada 5 Oktober 2010.

Dua perusahaan yang akan menjadi pembeli, yaitu Credit Suisse yang didukung investor Tiongkok dan Shougang International serta JP Morgan. Hingga kuartal I-2010, BUMI memiliki utang senilai US$1,76 miliar kepada CIC, US$80,15 juta kepada Raiffeisen, US$291,37 juta kepada Credit Suisse dan US$145,93 juta kepada JP Morgan.

Terkait hal ini, Janson pun merekomendasikan jual untuk saham BUMI dan beralih ke emiten lain, seperti PT Indo Tambangraya Megah (ITMG) dan Adaro Energy (ADRO). “Masih ada peluang penguatan bagi kedua emiten ini. Rekomendasi buy untuk ITMG dan ADRO,” katanya.

Menurutnya, saham ADRO menarik, karena tingkat utang yang rendah dan infrastruktur perseroan yang bagus. Sedangkan ITMG menjadi pilihan, terkait valuasi yang rendah. Selain itu, ancaman pemburukan cuaca tidak berimbas signifikan karena curah hujan tidak terlalu tinggi di daerah tambangnya. “Ini berarti, produksi perseroan masih tinggi,” ujarnya.

Tak berbeda dengan Yuganur, yang juga menyarankan investor beralih ke sektor lain seperti ADRO dan ITMG. Terkait ADRO, Ia menilai, downgrade proyeksi produksi batubura dan earnings atau laba per saham 2010 (EPS) sebesar 15% akibat ketakutan kinerja laporan keuangan semester pertama dan kuartal 3 2010, sudah tercermin dalam koreksi harga 2 pekan lalu.

Adapun outlook masih optimis karena efisiensi perusahaan melalui proyek conveyor belt dan tambahan infrastruktur rel kereta yang dapat menaikan produksi batubara di 2011-2012. “Rekomendasi ebli ADRO dengan target harga dapat mencapai Rp2.150,” ujarnya.

Sedangkan ITMG dinilai Yuga menarik, karena potensi re-rating proyeksi pertumbuhan laba per saham (EPS growth) oleh beberapa analis fundamental pascakuartal tiga 2010 nanti. Dimana dividend yield, ROE dan NPM tertinggi di sektornya, dapat menunjang rally diatas Rp.40.000 berlanjut.

Saat ini, pasar mulai pricing-in bahwa beberapa tambang yang di aqusisi pada awal 2010 akan mulai ber-operasi dan memberikan kontribusi ke kinerja di 2011. “Rekomendasi beli ITMG dengan target harga dapat mencapai Rp42.600,” pungkasnya.

Pada perdagangan Senin (27/9) kemarin, ADRO ditutup naik Rp50 ke Rp2.075, ITMG menguat Rp550 ke Rp40.350 dan BUMI menguat Rp25 ke Rp2/275. Sedangkan pada Selasa (28/9) pagi ini, ADRO dan ITMG masih melanjutkan penguatan masing-masing Rp25 ke Rp2.100 dan Rp150 ke Rp40.500. Sedangkan BUMI sudah terkoreksi Rp25 ke Rp2.250. [nat/mdr]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: