elsa berutank lage … 250910


Jumat, 24 September 2010 | 19:00 oleh Anna Suci Perwitasari AKSI KORPORASI ELSA
ELSA tengah godok penerbitan MTN US$ 50 juta
JAKARTA. Demi mendapatkan dana segar guna membiayai investasi dan belanja modal (capex) di sisa tahun ini, PT Elnusa Tbk (ELSA) sedang menggodok penerbitan medium term note (MTN). Sedianya, anak usaha Pertamina ini akan mengelurkan MTN senilai US$ 50 juta.

“Saat ini tengah memproses keluarnya MTN tersebut,” kata Sekretaris Perusahaan ELSA Heru Samodra, Jumat (24/9). Penerbitan MTN ini dirasa tepat bagi ELSA yang sebelumnya berencana menerbitkan obligasi di tahun ini, mengingat prosesnya yang lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Heru beralasan, jika penerbitan obligasi harus menunggu rating dari perusahaan pemeringkat sehingga waktu yang dibutuhkan lama. “Kalau MTN kan tidak perlu,” ujarnya.

Terlebih nilai yang dibutuhkan oleh perusahaan yang sahamnya baru saja di miliki oleh PT Benakat Petroleum Energy Tbk ini tidaklah terlalu besar. Dana yang akan didapat dari penerbitan MTN ini akn digunakan untuk menggenjot bisnis jasa hulu migas dan gas mereka.

Sebenarnya, tahun ini ELSA menganggarkan belanja modal senilai US$ 70 juta. Sumber dananya, sebesar US$ 21 juta-US$ 28 juta dari kas internal. Sisanya US$ 42 juta-US$ 49 juta akan dicari dari eksternal. Namun ELSA membutuhkan dana lebih besar untuk modal kerja. Alhasil dana eksternal tidak cukup hanya US$ 49.

Sebelumnya Direktur Keuangan ELSA Santun Nainggolan mengungkapkan bahwa perusahaannya membutuhkan pinjaman senilai US$ 70 juta untuk pendanaan di 2010. Salah satu caranya adalah dengan menjajaki kemungkinan pinjaman dari sektor perbankan.
Elnusa bidik proyek US$56 juta
Jumat, 24/09/2010 23:40:52 WIB
Oleh: Yuda Prihantoro
JAKARTA: PT Elnusa Tbk membidik proyek-proyek baru dengan nilai investasi sekitar US$56 juta. Selain itu, perseroan juga sedang mencari utang sebesar US$50 juta untuk pembiayaan modal kerja dan belanja modalnya.

Corporate Secretary Elnusa Heru Samodra mengungkapkan saat ini pihaknya sedang mengikuti tender untuk tiga divisi bisnisnya yakni geosciences, drilling, dan oilfield. Dia menyebutkan besaran nilai tender tersebut yang dianggap cukup berprospek mencapai US$56 juta.

“Perinciannya US$25 juta dari divisi drilling, US$20 juta dari geosciences, dan sekitar US$11 juta dari oilfield. Semuanya tendernya untuk proyek dalam negeri,” ujar Heru kepada Bisnis, sore ini.

Akan tetapi, Heru enggan menyebutkan secara lebih terperinci terkait dengan tender tersebut. Dia hanya menjelaskan kalau pelaksanaan tender tersebut sebagian besar akan dimulai tahun depan. Hanya sebagian kecil yang akan dimulai tahun ini, mengingat saat ini sudah memasuki akhir kuartal III/2010.

Selain sibuk mengikuti tender, Elnusa juga tengah menyiapkan penerbitan surat hutang jangka menengah (medium term notes/MTN) senilai US$50 juta. Rencananya MTN tersebut akan memiliki tenor 5 tahun.

“Kemungkinan keluarnya MTN itu awal tahun depan,” ujar Heru.

Adapun dana dari MTN tersebut akan dipakai Elnusa sebagai modal kerja dan belanja modal. Tahun ini, perusahaan yang kepemilikan saham dikuasai PT Pertamina (Persero) dan PT Benakat Petroleum Energy Tbk ini menganggarkan belanja modal sebesar US$70 juta. (gak)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: