adro dicekal … 250910


Jumat, 24/09/2010 19:33:40 WIB
Pemerintah tahan izin ekspansi tambang Adaro
Oleh: Vega Aulia Pradipta
JAKARTA: Pemerintah menahan izin perluasan eksploitasi tambang batu bara PT Adaro Energy Tbk di Kalimantan Selatan, menyusul respons negatif masyarakat setempat dan para aktivis terkait dengan risiko lingkungan yang ditimbulkannya.

Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta menyatakan pemerintah akan segera meninjau lokasi penambangan yang akan melipatgandakan produksi Adaro tersebut, guna mengetahui situasi terakhir, terutama terkait dengan risiko lingkungan yang ditimbulkan yang menuai resitensi warga.

“Izinnya masih kami kaji. Kami akan turun nanti untuk melihat seberapa besar risiko lingkungan yang ditimbulkan. Dan Sekarang warga sudah mulai ribut,” kata Gusti di sela-sela acara National Workshop Green Economy di Jakarta, hari ini.

Yang jelas, Menteri Lingkungan Hidup menekankan, kajian terkait dengan hal tersebut harus sudah selesai bulan depan. “Kalau sekiranya membahayakan, iya (dibatalkan). Rencananya Oktober ini kami sudah harus selesai kajiannya,” tegas Gusti.

Aktivis Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) sebelumnya mendesak Menteri Lingkungan Hidup membatalkan pemberian izin bagi Adaro di Kalimantan Selatan. Tambang baru itu akan melipatgandakan produksi Adaro hingga dua kali lipat dari saat ini 40,5 juta ton menjadi 80 juta ton per 2015.

Adaro memiliki konsesi tambang batu bara seluas 35.000 hektare. Walhi menyebutkan di akhir masa kontrak pada 2022, Adaro akan meninggalkan sekitar tujuh danau raksasa dengan total luas mencapai 2.647 hektare.

Danau-danau bekas kerukan tambang dengan tingkat kedalaman bervariasi hingga 100 meter inilah yang dipastikan akan bertambah apabila pemerintah mengizinkan Adaro untuk melakukan ekspansi meningkatkan kapasitas produksinya. (bsi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: