brau di bawah sayap avenue … 210910


Bukit Mutiara gadaikan saham Berau

loading
OLEH IRVIN AVRIANO A., YENI H.
SIMANJUNTAK & WISNU WIJAYA Bisnis Indonesia
Bukit Mutiara meng gadaikan 18,78% sahamnya di Berau kepada Avenue Luxembourgh S.A.R.L.
BEI optimistis aturan repo rampung tahun ini JAKARTA: PT Bukit Mutiara, induk usaha PT Berau Coal Energy Tbk, menggadaikan 18,78% sahamnya di Berau kepada Avenue Luxem bourgh S.A.R.L. dan mendapatkan pinjaman senilai US$50 juta.

Dalam prospektus lengkap penawaran umum perdana (IPO) saham Berau yang diserahkan kepada PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pekan lalu disebutkan utang senilai US$50 juta tersebut diperoleh tidak lama sebelum prospektus tersebut dibuat.
“Bukit Mutiara telah menggadaikan sahamnya sebesar 18,775% dari jumlah saham yang ditempatkan di Berau kepada Avenue dan bermaksud untuk menggadaikan sejumlah saham dalam perseroan [Berau] pada saat penyelesaian penawaran umum dengan nilai pasar paling sedikit dua kali jumlah total kewajibannya berdasarkan utang ini [US$50 juta],“ seperti dikutip dari prospektus tersebut.

Disebutkan pula, Bukit Mutiara tengah dalam proses pembicaraan dengan Avenue untuk memperoleh tambahan fasilitas pembiayaan dan memberikan tambahan gadai saham miliknya di Berau, sehubungan dengan tambahan pembiayaan tersebut.

Direktur Utama Berau Rosan Perkasa Roeslani yang dihubungi kemarin untuk dimintai penjelasan mengenai kelanjutan proses negosiasi antara Bukit Mutiara dan Avenue, tidak memberikan respons.

Dia tidak merespons pesan singkat yang dikirimkan ke telepon selulernya dan tidak menjawab panggilan telepon.

Bukit Mutiara menguasai 90,26% saham Berau Energy, sedangkan sisanya yakni 0,001% dipegang oleh PT Bentara Energi Asia dan 9,74% dipegang oleh investor publik.

Seperti diketahui, Berau resmi mencatatkan sahamnya di BEI pada 19 Agustus lalu. Emiten batu bara ini menawarkan 3,4 miliar saham atau 9,74% dari total sahamnya yang mencapai 31,5 miliar. Saham tersebut dijual diharga Rp400 per saham.

Dari IPO tersebut, Berau memperoleh dana segar senilai Rp1,36 triliun yang digunakan untuk belanja modal dan akuisisi Maple Holdings lewat Seacoast Offshore Inc, yang merupakan perusahaan terafiliasi Berau.
Aturan gadai Dalam perkembangan lain, BEI menyatakan acuan transaksi gadai (repurchase agreement/repo) saham dan obligasi dalam bentuk general master repurchase agreement (GMRA) akan selesai pada tahun ini.

“Kami harapkan selesai tahun ini, supaya dapat digunakan dan diterapkan tahun depan,“ ujar Direktur Utama BEI Ito Warsito kemarin.

Rencana pembentukan GMRA itu sedang berjalan dan dibahas oleh otoritas pasar modal yang terdiri dari BEI, PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), serta Bank Indonesia selaku otoritas perbankan.

Ito mengatakan acuan bagi kontrak gadai itu juga sebaiknya dapat mengikat pelaku pasar dan otoritas agar jelas dan tegas dalam penerapannya. Namun, kesepakatan itu tidak dapat dipaksakan kepada setiap pelaku yang memanfaatkan jasa transaksi repo.

Adapun, Direktur Utama KPEI Hoesen memungkinkan adanya pengaturan bagi pelanggaran transaksi repo yang menggunakan efek yang tercatat di BEI. “Itu bisa saja, tetapi untuk repo yang menggunakan efek dari luar negeri sebagai objek gadai tentunya tidak bisa.“

Sebelumnya, Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan bersama pelaku pasar modal dan perbankan berencana mewajibkan pelaporan aksi repo saham dan obligasi, sehingga akan menghilangkan praktik repo yang dilakukan di luar bursa (OTC). (09) (irvin.avriano@bisnis.
co.id/yeni.simanjuntak@bisnis.co.id/ wisnu.wijaya@bisnis.co.id)
PT Bukit Mutiara, Induk usaha BRAU Luxembourgh S.A.R.L dan mendapat pinjaman senilai US$ 50 juta. Bukit Mutiara juga tengah dalam proses pembicaraan dengan Avenue untuk memperoleh tambahan fasilitas pembiayaan dan memberikan tambahan gadai saham miliknya di BRAU.

Sumber : IPS Research

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: