akuisisi lage oleh adro … 040910


Jumat, 03 September 2010 | 02:52 oleh Anna Suci Perwitasari Aksi Korporasi ADROADRO segera akuisisi Bhakti Energi Persada
JAKARTA. PT Adaro Energy Tbk (ADRO) terus saja melakukan perluasan bisnisnya. Setelah sukses menjalin kerjasama dengan BHP Biliton menggarap tambang batubara di Meruwai Kalimantan Tengah, kini ADRO siap mengakusisi perusahaan lain.

Kali ini ADRO tengah melakukan pembicaraan negosiasi dengan PT Bhakti Energi Persada (BEP). “Ya, kita tengah dalam proses pembicaraan dengan mereka,” kata Andre J. Mamuaya, Director of Corporate Affairs & Corporate Secretary ADRO di Jakarta, Kamis (2/9). Kabarnya proses akuisisi ini akan selesai akhir tahun ini.

Uniknya, pemegang saham perusahaan batubara itu yaitu, Beny Subianto dan Teddy P. Rahmat, juga pemegang saham ADRO. Jika akuisisi ini terjadi dapat dikategorikan akuisisi terafiliasi.

Andre menggarisbawahi untuk akuisisi ini, ADRO akan menggunakan dana internal perusahaannya. “Tahun ini tidak akan loan lagi,” jelasnya.

Sebagai catatan saja BEP mempunyai dua konsesi tambang di Kalimantan. Blok I Bulungan memiliki cadangan batubara sekitar 110 juta ton. Mulai tahun lalu, tambang ini sudah beroperasi dan sampai akhir 2010, produksinya ditaksir mencapai sekitar 700.000 ton. Sementara tahun depan produksi di Blok Bulungan akan mencapai 2 juta ton.

Konsesi kedua milik BEP terletak di Kutai Timur, Kalimantan Timur. Cadangan batubara di lokasi ini sekitar 5,6 miliar ton. Sebenarnya BEP sempat berencana melepas 20% sahamnya ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada kuartal pertama 2010.

Namun, niat itu tidak terlaksana. Pemegang saham mayoritas BEP adalah PT Persada Capital Investama dan PT Tri putra Investindo. Bersama mereka menguasai 65%. Menurut Jeffrey, ada dua opsi pendanaan untuk Blok Kutai Timur, yaitu lewat pinjaman bank atau menggandeng mitra strategis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: