efisiensi @adro … 300810


Adaro kaji bangun ban berjalan terpanjang di dunia
OLEH NURBAITI Bisnis Indonesia
BANJARMASIN:

Article Rank

PT Adaro Energy Tbk tengah mengkaji rencana pembangunan overland conveyor (ban berjalan) sepanjang 68 km yang diperkirakan mampu menghemat biaya hingga US$1,5 per ton.
Presiden Direktur Adaro Boy Garibaldi Thohir mengungkapkan rencana pembangunan overland conveyor tersebut memang sudah menjadi target jangka panjang perusahaan. Namun, pelaksanaannya akan dilakukan setelah dilakukan kajian menyeluruh, terutama menyangkut dampak sosial.

“Kalau overland conveyor itu jadi, akan menjadi yang terpanjang di dunia, tetapi kami juga mesti hati-hati melihat dampak sosialnya dan lainnya. Ini yang sedang kita pertimbangkan, jangan sampai menimbulkan efek sosial dan segala macam,“ kata dia, Sabtu malam.

Lagi pula, dia menambahkan tujuan utama pembangunan overland conveyor tersebut untuk penghematan biaya, bukan mengejar pertumbuhan produksi.

“Kalau memang dari satu sisi, cost reduction-nya tidak terlalu signifikan, tetapi efeknya malah pada social problem, lebih baik saya [pembangunan overland conveyor] tidak jadi.“

Dengan atau tanpa overland conveyor, lanjut dia, produsen batu bara termal tersebut bisa mencapai produksi 80 juta ton hingga 2014 atau naik dua kali lipat dari target tahun ini sekitar 45 juta ton.

Menurut dia, kebutuhan investasi untuk peningkatan produksi sampai 80 juta ton tersebut akan dilakukan secara bertahap setiap tahunnya.

Dia mengakui perseroan telah menganggarkan belanja perusahaan tahun depan sebesar US$200 juta, di luar rencana overland conveyor.

“Insya Allah target produksi 80 juta ton itu akan tercapai, walaupun tanpa conveyor,“ tutur Boy.

Selain itu, perseroan juga tengah mengkaji jalur transportasi yang sudah ada, yakni dari area penambangan di sekitar Tanjung, Kalimantan Selatan, sampai dengan fasilitas pemrosesan akhir di terminal sungai Kelanis di Sungai Barito.

Terkait dengan pembangunan pembangkit listrik mulut tambang berkapasitas 2×30 MW untuk menjalankan operasi overland conveyor, Boy mengungkapkan proyek tersebut tetap akan dilanjutkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: