lupakan brau … 200810


TAMBANG, 19 Agustus 2010 | 11.12
Saham Berau Melejit Di Penawaran Perdana
Alamsyah Pua Saba
alam@majalahtambang.com

Jakarta-TAMBANG- Saham PT Berau Coal Energy Tbk, langsung melejit beberapa saat usai resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada pembukaan awal perdagangan, saham denngan kode BRAU ini, langsung naik 30 poin, dari harga perdana sebesar Rp 400 ke RP 430.

Melantainya Berau Energy di lantai Bursa, memang sudah ditunggu oleh investor. Sampai pada kenaikan 30 poin, jumlah transaksi yang tercatat sebanyak 1268 kali transaksi.

Jumlah transaksi terus bertambah hingga 31,38 persen atau 2341 kali transaksi yang berdampak pada kenaikan harga saham menjadi Rp 550 per lembar saham.

Jika melihat dari animo investor terhadap saham Berau Coal Energy Tbk, sepertinya sampai penutupan perdagangan akan terus meningkat.

Pencatatan perdana saham Berau Coal Energy ini juga berimbas pada penguatan tipis Indeks harga saham gabungan (IHSG). HSG dibuka naik ke level 3.072,477 dan kemudian menguat ke level 3.089,72, naik 17 poin dari penutupan sebelumnya di level 3.072,087.

Saham Berau Energy dengan kode BRAU ini merupakan saham ke 12 yang tercatat dalam BEI di tahun 2010.

PT. Berau Coal Energy, melego 34,900.000.000 lembar saham. Dana dari hasil IPO ditargetkan sebesar Rp 1,36 triliun. Dana tersebut diperguanakan untuk belanja modal sebesar US$ 126 juta dan penambahan dana akuisisi Maple Holdings LTD senilai US$ 25 juta.
20/08/2010 – 06:14
Akhir Pekan, Pilih Saham ‘Lagging’
Natascha & Asteria

(inilah.com/agung rajasa)
INILAH.COM, Jakarta – Bursa saham domestik Jumat (20/8) siap melanjutkan penguatan. Rekomendasi bagi saham yang belum menguat terlalu banyak seperti PTBA, ADRO, INCO dan ISAT.

Analis Citi Pacific Securities Hendri Effendi mengatakan, penguatan indeks hari ini bisa berlanjut setelah kemarin mencapai rekor terbarunya di atas level 3.100. “Apalagi secara teknikal, pola konsolidasi IHSG yang terbentuk adalah cenderung menguat,” katanya kepada INILAH.COM.

Namun, kondisi penguatan ini juga akan dimanfaatkan investor untuk profit taking. Terutama bagi pelaku pasar yang sudah masuk kemarin. “Karena polanya pendek, investor akan langsung profit taking,” ucapnya.

Hendri pun memperkirakan, sahamn penggerak indeks hari ini akan berasal dari saham komoditas berkapitalisasi besar. Terutama karena pada perdagangan kemarin, pencatatan saham perdana PT Berau Coal (BRAU) tidak mampu mengangkat saham komoditas batubara lainnya.

Beberapa saham komoditas yang disarankan adalah PT Bukit Asam (PTBA) dan PT Adaro Energy (ADRO). Kedua emiten ini menarik karena masih lagging, menyusul eforia pasar terhadap IPO Berau kemarin. “Masih ada peluang penguatan bagi saham ini,” katanya.

Saham lain yang masih tertahan penguatannya adalah PT Indosat (ISAT) dan PT International Nickel Indonesia (INCO). Adapun sentimen positif untuk INCO juga didukung kenaikan harga komoditas nikel. “Investor bisa akumulasi beli untuk INCO dan ISAT,” pungkasnya

Pada perdagangan Kamis (19/8), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 33,263 poin (1,08%) ke level 3.105,350. Perdagangan di Bursa Efek Indonesia cukup ramai, dimana volume transaksi mencapai 7,094 miliar lembar saham, senilai Rp7,791 triliun dan frekuensi 142.608 kali.

Sebanyak 99 saham naik, 119 saham turun dan 72 saham stagnan. Penguatan IHSG didukung aksi beli asing (net foreign buy) yang mencapai Rp1,76 triliun. Dengan rinciannya nilai transaksi beli Rp4,467 triliun dan nilai transaksi jual asing mencapai Rp2,706 triliun. [mdr]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: