harga batu item dan brau … 190810


19/08/2010 – 06:56
Cermati Potensi Saham Batubara-Logam
Natascha & Asteria

(IST)
INILAH.COM, Jakarta – Bursa saham Indonesia Kamis (19/8), diperkirakan akan konsolidasi. Namun, ada beberapa pilihan emiten di sektor komoditas batubara dan logam.

Kepala Riset Bhakti Sekuritas Edwin Sebayang memprediksikan, bursa saham domestik hari ini masih akan konsolidasi. Menurutnya, data-data ekonomi AS yang dirilis masih belum terlalu bagus, meskipun IHSG kemarin berhasil rebound dipicu naiknya harga minyak mentah dan logam, “IHSG hari ini akan bergerak di kisaran 3.009-3.096,” katanya kepada INILAH.COM.

Edwin menilai, kenaikan harga komoditas masih akan berlanjut hari ini dan menjadi katalis penguatan bursa. Harga komoditas naik, dipicu pelemahan dolar AS terhadap mata uang kuat lainnya dan antisipasi pasar terhadap membaiknya ekonomi China.

Di tengah kondisi ini, Edwin merekomendasikan saham logam PT International Nickel Indonesia (INCO) dan PT Timah (TINS). “Pulihnya ekonomi China ditandai dengan meningkatnya permintaan logam, yang menjadi bahan dasar industri,” ulasnya.

Sedangkan kenaikan harga batubara dan IPO Berau Coal, menjadi katalis positif bagi saham berbasis batubara. Salah satu pilihannya adalah PT Indo Tambangraya Megah (ITMG). Emiten ini dijagokan karena posisi kas perseroan pada semester pertama 2010 cukup kokoh. “Mengindikasikan semester dua ini akan membukukan kinerja baik,” katanya.

Dengan kas yang kuat dan capexnya tidak terlalu besar, ITMG memiliki opsi untuk ekspansi dengan akuisisi tambang lain, atau memperbesar angka dividen semester depan. “Namun, pasar berharap ITMG akan membatasi ekspansinya karena menginginkan dividen besar,” ujarnya.

Kinerja semester dua diperkirakan akan membaik karena harga batubara di kuartal ketiga masih tinggi seiring rendahnya pasokan perusahaan batubara. Musim hujan yang panjang, akan menekan produksi komoditas. Ini memungkinkan harga batubara pada kuartal ketiga ini kembali naik. “Sektor batubara masih bisa menikmati kenaikan harga jual meski produksi agak stagnan,” pungkasnya.

Pada perdagangan Rabu (18/8), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik 19,488 poin (0,63%) ke level 3.072,087. Perdagangan di Bursa Efek Indonesia cukup ramai, dimana volume transaksi 4,379 miliar lembar saham, senilai Rp4,147 triliun dan frekuensi 103.126 kali.

Sebanyak 117 saham naik, 106 saham turun dan 69 saham stagnan. Penguatan didukung aktivitas beli asing yang mencatatkan transaksi beli bersih (net foreign buy) sebesar Rp214 miliar. Rinciannya adalah, nilai transaksi beli asing mencapai Rp1,588 triliun dan nilai transaksi jual asing mencapai Rp1,373 triliun. [mdr]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: