minyaaa($76)aak … 180810


17/08/2010 – 23:05
Harga Minyak Rebound Ke US$76 per Barel
Asteria

(IST)
INILAH.COM, San Franciso – Harga minyak mentah berjangka pada Selasa (17/8) rebound dari level terendah dalam 5 pekan, ke level US$76 per barel. Pelemahan dolar AS dan positifnya bursa saham, menjadi katalisnya.

Di New York Mercantile Exchange, harga minyak untuk pengiriman September terpantau naik US$1,19 atau 1,6% menjadi US$,43 per barel. Setelah pada perdagangan sebelumnya, kontrak minyak turun 15 sen ke US$75,24 per barel, level terendah sejak pertengahan Juli, untuk kontrak teraktif. Penurunan ini dipicu kekhawatiran tentang ekonomi global.

Jika harga dapat bertahan, maka kana menjadi penutupan psoitif pertama dalam 6 sesi, termasuk penurunan 3% akhir pekan lalu. Gasoline (bensin), yang Senin kemarin anjlok ke level terendah dalam 11 bulan, memimpin kenaikan di antara produk energi lainnya. Kontrak Gasoline September naik 4 sen atau 2,2% menjadi US$1,97 per galon.

Harga produk energi menguat setelah The Fed melaporkan produksi industri naik 1% pada Juli kemarin. Angka yang lebih tinggi dari estimasi ekonom di level 0,6% ini otomatis mendongkrak produksi. “Kondisi ini mengindikasikan pada ‘prediksi konsumen yang lebih sehat, dan konsumen tersebut akan menggunakan bensin lebih banyak,” ujar Hamza Khan, analis di Philadelphia.

Harga minyak naik setelah rilisnya data ekonomi AS yang menunjukkan harga produsen mengalami kenaikan 0,2% pada Juli. Sementara kenaikan data rumah masih di bawah estimasi, yakni 1,7% menjadi 546 ribu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: