energi terbarukan: Pasang berkualitas … 160810


Pembangkit Tenaga Pasang Terbesar di Dunia
Pembangkit listrik ini mampu memasok energi untuk 1.000 rumah.
MINGGU, 15 AGUSTUS 2010, 05:22 WIB Arfi Bambani Amri

Turbin pembangkit listrik tenaga pasang The Atlantis Resources AK1000 (www.greenmuze.com)
BERITA TERKAIT
Bangun Tenaga Surya, RI Alokasikan Rp 800 M

VIVAnews – Pembangkit listrik tenaga pasang air laut terbesar di dunia telah selesai dibangun. Pembangkit bernama AK1000™ ini segera akan dipasang di Pusat Energi Laut Eropa (EMEC) di Orkney, Skotlandia, pada musim panas ini.

Pembangkit yang dibuat Atlantis Resources Corporation (“Atlantis”) ini dibangun lebih dari sepuluh tahun. Saat ini, turbin tersebut masih berada di pusat rekayasa Isleburn.

Mesin yang memiliki rotor berdiameter 18 meter, berat 1.300 ton dan tinggi 22,5 meter ini diperkirakan bisa menghasilkan 1 megawatt di kecepatan air 2,65 meter per detik. Dengan begitu, turbin ini bisa memberikan cukup listrik untuk lebih dari 1.000 rumah.

Turbin didesain bisa tahan terhadap cuaca buruk dan keras laut terbuka di Skotlandia. Meski begitu, mesin ini diklaim ramah linkungan karena berkecepatan rendah dan menghasilkan listrik yang stabil dan berkelanjutan.

“Pembangunan AK1000™ adalah lompatan penting, bukan saja bagi Atlantis, namun untuk industri energi kelautan di Inggris Raya,” kata CEO Atlantis, Timothy Cornelius, seperti dilansir laman resmi Atlantis. “Turbin ini kulminasi kerja, dedikasi dan keyakinan 10 tahun dari rekan, staf, direktur dan pemegang saham,” ujar pimpinan perusahaan yang bermarkas di Inggris dan Singapura itu, Kamis 12 Agustus 2010.

AK1000™ dibangun Soil Marine Dynamics di Newcastle, Inggris. Struktur dasar gravitasi dan mesinnya disempurnakan di Isleburn Engineering, anggota dari Global Energy Group. Baja turbin datang dari Corus’ Scunthorpe.

Energi pasang berbeda dengan energi ombak. Energi ombak mengambil gerak vertikal ombak, sementara energi pasang mengambil energi tarikan dan dorongan yang ditimbulkan gaya gravitasi bulan dan matahari. Energi pasang ini diperkirakan memiliki energi kinetik 350 kilometer per jam. Pembangkit tenaga pasang ini sangat ramah karena tak harus memblokir jalur air sehingga meminimalkan dampak lingkungan.
• VIVAnews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: