energi terbarukan: bikin mampet, ga lah … 100810


10/08/2010 – 08:03
Biofuel Tak Sebabkan Kerusakan Fuel Pump Kendaraan
Susan Silaban

(IST)
INILAH.COM, Jakarta – Dirjen Migas Kementerian ESDM, Evita H. Legowo menegaskan kerusakan fuel pump yang akhir-akhir ini terjadi, tidak terkait dengan pemanfaatan biofuel sebagai campuran bahan bakar kendaraan.

Kerusakan fuel pump akibat akumulasi udara hingga menyebabkan terjadinya kondensasi. Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati (BBN) diterapkan Pemerintah berdasarkan Peratutan Menteri ESDM No.32 Tahun 2008 Tentang Penyediaan, Pemanfaatan dan Tata Niaga Bahan Bakar Nabati (Biofuel) Sebagai Bahan Bakar Lain, untuk tahun 2010 mewajibkan pemanfaatan Biodiesel (B100) dan Bioetanol (E100) minimal 3% untuk transportasi PSO dan masing-masing 7% transportasi non PSO.

Mengenai kemungkinan kerusakan akibat pemakaian bahan bakar premium yang sudah dicampur dengan biofuel, Evita menyanggah hal tersebut. ‚ÄĚTidak ada itu,” ujar Evita dalam acara penjelasan pemerintah terkait kerusakan fuel pump seperti dilansir dari situs resmi Kementerian ESDM, Selasa (10/8).

Bioefuel itu ada dua, yaitu biodiesel dan bioetanol yang dicampur dengan premium itu bioetanol. “Sekarang ini kita masih mencampur dalam persentase yang kecil sekali, jadi tidak ada kerusakan akibat penggunaan produk biofuel tersebut,” ujarnya.

Kerusakan fuel pump pertama kali diketahui pada 18 Juli 2010 dan beberapa hari kemudian pemerintah melakukan pengambilan contoh premium di Plumpang dan SPBU-SPBU. Berdasarkan analisis, semua premium yang diambil contohnya masih sesuai dengan kualitas yang dipersyaratan.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Djaelani Sutomo menguraikan kerusakan fuel pump merupakan akumulasi dari tahun ke tahun dan mencapai klimaksnya tahun ini. “Fuel pump itu terendam oleh bensin, makanya disarankan jangan sampai kosong BBM-nya. Karena kalau kosong akumulasi udara begitu banyak, ini yang menyebabkan terjadinya kondensasi,” pungkasnya. [cms]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: