berau : sang pengumpul $1B … 050810


Berau Energy himpun dana publik US$1 miliar
Kamis, 05/08/2010 16:49:15 WIBOleh: Bambang P. Jatmiko
JAKARTA (Bisnis.com): PT Berau Energy Tbk dalam 2 bulan ini berhasil mengumpulkan dana eksternal sebesar US$1 miliar melalui penawaran publik perdana (initial public offering/ IPO), penerbitan obligasi, serta pinjaman bank ini untuk mendukung ekspansi bisnisnya.

Direktur Danatama Makmur Vicky Ganda Saputra selaku penjamin emisi IPO Berau menuturkan besarnya perolehan dana di luar IPO menyebabkan perseroan membatasi pelepasan saham ke publik hanya 10%, dari rencana semula 18,18%.

“Perolehan dana ini menyebabkan saham yang dilepas ke pasar hanya di level 10% dengan harga Rp400 per saham. Dari IPO, Berau meraup sebesar Rp1,36 triliun atau setara US$151 juta,” ujarnya hari ini.

Selain dari IPO sebesar US$151 juta, perseroan berhasil meraih dana sebesar US$350 juta dari penerbitan obligasi, serta US$400 juta dari pinjaman bank.

Terkait dengan pelaksanaan IPO, Berau menargetkan akan bisa melantai di bursa pada 19 Agustus. Saat ini perseroan masih menunggu izin efektif dari Bapepam. Investor asing sangat mendominasi pembelian saham yang ditawarkan itu, yaitu mencapai sekitar 85%.

Sementara itu sisanya diserap oleh pembeli domestic. Baru-baru ini Berau meraih pinjaman senilai US$400 juta dari tujuh bank dengan perincian untuk memenuhi kebutuhan pendanaan mendukung ekspansi perseroan.

Pinjaman tersebut meliputi US$300 juta bertenor sekitar 2,65 tahun dan US$100 juta bertenor 4,5 tahun. Untuk pinjaman sebesar US$300 juta, suku bunga yang dipatok sebesar 475 basis poin di atas Libor.

Sementara itu untuk pinjaman sebesar US$100 juta memiliki suku bunga 575 basis poin di atas Libor.

Tujuh bank yang memberikan pinjaman ke Berau adalah Credit Suisse Group AG, Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd, China Development Bank Corp, Erste Group Bank AG, WestLB AG, Indonesian Eximbank, serta ICICI Bank. Bank-bank yang mengucuri pinjaman ke Berau itu dipimpin oleh Credit Suisse Group AG sebagai lead konsorsium. Sementara itu, pada bulan lalu Berau juga menerbitkan obligasi senilai US$350 juta dengan kupon sebesar 12,5%.(faa)

Advertisements

1 Comment (+add yours?)

  1. Trackback: ipo berau coal 2010 … 120410 « SAHAM indy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: