berau BERlari KENCANG … 020810


PT Berau Coal Energy sepertinya bakal memasang harga saham perdananya sebesar Rp 400 per saham lantaran hingga saat ini telah mengalami kelebihan permintaan sebanyak 4 kali.

“Nggak mungkin Rp 320, kan kita over empat kali. Pasti kita akan pakai batas atas di Rp 400,” ujar Vice President PT Danatama Makmur Vicky Ganda Saputra di Jakarta, Senin (2/8/2010).

Menurut Vicky, jumlah saham yang akan dilepas sekitar 3-3,5 miliar saham dari rencana semula 7 miliar saham. Pada masa penawaran awal (bookbuilding), perseroan menawarkan harga antara Rp 300 hingga Rp 400 per saham.

Meski penutupan bookbuilding belum dilakukan. Namun Vicky memperkirakan, harga IPO akan ditetapkan pada Rp 400 per saham. Harga yang ditawarkan pun mengacu pada batas atas yaitu Rp 400 per lembar.

“Angka tersebut belum final, karena untuk asing baru bisa diketahui besok pagi,” jelasnya.

Ia menjelaskan, hingga Jumat (30/7/2010) pekan lalu, penyerapan saham masih didominasi oleh investor institusi. Porsinya mencapai 70% dari total saham yang ditawarkan ke publik.

Dengan perkiraan harga sebesar Rp 400 per saham, dana yang akan diperoleh Berau berkisar Rp 1,2-1,4 triliun yang akan digunakan untuk akuisisi Maple Holdings Ltd serta belanja perseroan.

Berau Energy akan mengucurkan dana kepada kepada anak usahanya, Seacoast Offshore Inc, dalam rangka akuisisi 100% saham Maple. Nilai akuisisi 100% saham Maple ditaksir mencapai US$ 206,023 juta atau Rp 1,923 triliun.

Hasil dana IPO ini, perseroan juga akan melakukan pembiayaan akuisisi Seacoast sebesar 8%, sedangkan sisanya sebesar 92% untuk capex perseroan. Perseroan menunjuk PT Recapital Securities dan PT Danatama Makmur sebagai penjamin emisi atas IPO ini.

Untuk keperluan IPO ini, perseroan menunjuk PT Recapital Securities dan PT Danatama Makmur sebagai penjamin emisi.

Perseroan memperkirakan perolehan pernyataan efektif IPO pada 6 Agustus 2010. Masa penawaran pada 10-12 Agustus 2010. Pencatatan di BEI (listing) pada 19 Agustus 2010.

Sumber: detikcom
Rencana penerbitan saham perdana PT Berau Coal Energy berjalan sukses. Pasalnya, IPO perusahaan tambang ini kelebihan permintaan hingga empat kali.

Vice President PT Danatama Makmur Vicky Ganda Saputra mengatakan, hingga Jumat (30/7) permintaan IPO Berau untuk investor lokal oversubscribed sekitar empat kali. “Sekitar 70% permintaan berasal dari investor institusi lokal,” katanya.

Namun, menurut Vicky, angka ini belum final. Sebab, ia masih menunggu hasil bookbuilding dari investor asing. “Untuk asing baru bisa ketahuan besok pagi,” kilahnya. Jadi, hingga saat ini perusahaan bersama penjamin emisi belum menentukan harga pasti IPO tersebut.

Dia menambahkan, jika saham sudah mengalami kelebihan permintaan, maka ia akan mengambil pada harga atas yakni Rp 400 per saham. Menurutnya, kemungkinan besar ia akan menurunkan jumlah saham IPO dari 18,18% atau 7 miliar saham menjadi hanya 3 miliar hingga 3,5 miliar.

Sumber : KONTAN.CO.ID

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: