minyaaa($75)aak … 190710


NEW YORK (Bloomberg): Harga minyak mentah kembali melemah untuk hari keempat di New York setelah jatuhnya tingkat kepercayaan konsumen AS yang berhasil menuaikan kekhawatiran bahwa pemulihan ekonomi di negara pengkonsumsi energi tersebut akan terhambat.

Harga minyak jatuh setelah indeks pendahuluan mengenai tingkat kepercayaan konsumen di bulan Agustus yang dirilis oleh Thomson Reuters/University of Michigan jatuh dari 76 di bulan Juni menjadi 66,5. Level ini yang terendah sejak Agustus. Menurut jajak pendapat yang dilakukan terhadap para ekonom oleh Bloomberg, indeks acuan diprediksi akan jatuh menjadi 74.

Harga kontrak minyak mentah untuk pengiriman Agustus melemah 51 sen atau 0,7% menjadi US$75,50 di bursa komoditas New York Mercantile Exchange. Harga minyak menyentuh level US$75,74 pada pukul 8:27 a.m waktu Sydney. Harga kontrak melemah 61 sen menjadi US$76,01 pada 16 Juli. Harga kontrak minyak mentah telah jatuh 8,2% sejak awal tahun ini.

Bursa saham AS anjlok pada 16 Juli setelah jatuhnya tingkat kepercayaan konsumen dan laporan pendapatan yang lebih rendah dari estimasi dari beberapa perusahaan mulai dari Bank of America Corp sampai General Electric Co. Indeks Dow Jones Industrial Average sendiri melemah 2,5% sementara indeks Standard & Poor 500 jatuh 2,9%.

Federal Reserve Bank of New York pekan lalu melaporkan bahwa indeks ekonomi general jatuh dari 19,6 pada bulan sebelumnya menjadi 5,1. Sementara itu indeks ekonomi general Federal Reserve Bank of Philadelphia jatuh dari angka 8 di bulan Juni menjadi 5,1 bulan ini, level terendah sejak Agustus 2009.

Harga kontrak minyak mentah jenis Brent untuk pengiriman di bulan September jatuh 72 sen atau 0,9% pada 16 Juli untuk mengakhiri sesi perdagangan pada level US$75,37 di bursa komoditas berbasis London, ICE Futures Europe Exchange. (t02/mrp)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: