hukum rumor positif : <50% yakin@ipo berau … 050710


Moody’s Turunkan Peringkat Berau Coal
Februari lalu, Moody’s juga menetapkan peringkat perseroan menjadi B1.
SENIN, 5 JULI 2010, 15:47 WIB
Antique, Purborini

VIVAnews – Moody’s Investor Service menurunkan sementara peringkat PT Berau Coal menjadi B2. Hal yang sama juga dilakukan untuk obligasi senior Empire Capital Resources Pte Limited senilai US$325 juta.

“Outlook untuk keduanya adalah stable (stabil),” kata Vice President – Senior Credit Officer and Corporate Finance Group Moody’s Asia Pacific Ltd, Laura Acres dalam keterangannya hari ini, Senin 5 Juli 2010.

Februari lalu, Moody’s juga menetapkan peringkat perseroan menjadi B1 setelah proses penerbitan obligasi tersebut rampung.

Berau Coal Energy merupakan pemegang 90 persen dari Berau. Obligasi tersebut dijamin oleh Berau Coal Energy. Berau Coal Energy berencana menerbitkan obligasi dolar dan melakukan pinjaman bank guna merestrukturisasi utang terhadap akuisisi Berau oleh Recapital Advisors.

Menurut Laura, status sementara ini akan berganti setelah perseroan menyelesaikan penerbitan obligasi dan pinjaman perbankan. Jika pembiayaan utang tersebut batal, peringkat itu akan ditekan sampai perseroan berhasil menghadapi tekanan resiko restrukturisasi dan pelemahan likuiditas.

Dia mengakui, Moody’s khawatir dengan aksi korporasi yang terjadi, di mana perseroan hanya mengandalkan pada kas dari Berau untuk mengatasi utang. Perseroan menghadapi resiko likuiditas terhadap vendor notes senilai US$580 juta yang jatuh tempo pada Desember 2010.

Seperti diberitakan, utang tersebut merupakan pinjaman Bukit Mutiara guna mengakuisisi 90 persen Berau Coal. 99,6 persen saham Bukit Mutiara dikuasai oleh Recapital Advisors senilai US$1,5 miliar.

Berau adalah produsen dan exportir batu bara kelima terbesar di Indonesia. Berau mengoperasikan tiga pertambangan aktif di di Kalimantan Timur dengan perkiraan sumber daya yang dikelola mencapai 1,4 miliar ton dengan estimasi cadangan sumber daya sebesar 346 juta ton. (hs)

• VIVAnews
Menurut harian Investor Indonesia, Rencana IPO PT Berau Coal dalam waktu dekat diperkirakan dimanfaatkan investor untuk mengakumulasi saham PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID).Sebab DOID merupakan kontraktor utama Berau Coal, yang merupakan perusahaan tambang batubara terbesar swasta di bawah PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Adaro Tbk (ADRO).Apalagi, DOID juga dikabarkan diberikan opsi memiliki Berau Coal saat IPO.Karena itu, kinerja DOID akan melambung dan harganya berpeluang tembus Rp 1.300-1.500/saham.Jumat (2/7) pekan lalu, DOID menguat Rp 10 (1,05%) ke posisi Rp 960, dengan volume perdagangan 7,84 juta saham.Harganya ditransaksikan di level tertinggi Rp 970 dan terendah Rp 950 pada hari yang sama.

Author : Rumors
05/07/2010 – 07:50
Rumor Bursa
Berau Coal IPO, Bandar Buru Saham DOID

INILAH.COM, Jakarta – Rencana IPO PT Berau Coal dalam waktu dekat diperkirakan akan dimanfaatkan ivestor untuk mengakumulasi saham PT Delata Dunia Makmur Tbk (DOID).

Aksi ini dilakukan sebab DOID merupakan perusahaan tambang batubara terbesar swasta di bawah BUMI dan ADARO. Apalagi, DOID dikabarkan diberikan opsi memiliki Berau Coal saat IPO. Karena itu, kinerja DOID akan melambung dan harga sahamnya berpeluang menembus Rp1.300-1.500 dalam waktu dekat.

Pada penutupan perdagangan bursa Jumat pekan lalu harga saham DOID ditutup naik Rp10 ke Rp960. [san/cms]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: