elsa @bbm bersubsidi … 050710


5 Badan usaha berebut jadi distributor BBM bersubsidi
Senin, 05/07/2010 05:37:18 WIB
Oleh:
JAKARTA: Perebutan posisi sebagai calon penyedia dan distributor pendamping PT Pertamina (Persero) dengan kuota sekitar 300.000 kiloliter bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk 2011 tinggal menyisakan lima badan usaha.

“Hingga penutupan masa pemasukan dokumen penawaran pada 2 Juli, terdapat enam badan usaha calon penyedian dan distributor BBM bersubsidi 2011, yaitu PT Pertamina (Persero) dan lima badan usaha calon pendamping Pertamina,” kata Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi Jugi Prajogio kemarin.

Kelima badan usaha nonPertamina yang mengajukan penawarannya, kata Jugi, meliputi PT Aneka Kimia Raya Corporindo Tbk, PT Elnusa Tbk, PT Petronas Niaga Indonesia, PT Shell Indonesia, dan PT Total Oil Indonesia. Jugi tidak memberikan perincian mengenai wilayah distribusi mana saja yang diminati oleh kelima badan usaha tersebut.

“Tim lelang belum membuka penawaran dari badan usaha. Mungkin Senin baru disampaikan ke Komite BPH Migas.”

Tahun ini BPH Migas mengundang sedikitnya 34 badan usaha untuk ikut kontes pemilihan penyedia dan distributor BBM bersubsidi 2011. Namun, pada saat aanwijzing (penjelasan awal pekerjaan) diketahui hanya terdapat 15 perusahaan yang sempat berniat melanjutkan partisipasinya.

Badan-badan usaha itu tahun depan memperebutkan sekitar 300.000 kiloliter BBM bersubsidi yang terdiri dari premium dan solar. Volume BBM bersubsidi itu lebih besar jika dibandingkan dengan volume yang diserahkan kepada swasta tahun lalu, yaitu 56.500 kiloliter solar untuk PT Aneka Kimia Raya Corp. dan 20.440 kiloliter premium untuk PT Petronas Niaga Indonesia.

Oleh Rudi Ariffianto
Bisnis Indonesia
Senin, 05/07/2010 07:06 WIB
Tender Distributor BBM Bersubsidi 2010 Sepi Peminat
Nurseffi Dwi Wahyuni – detikFinance

Jakarta – Tender distributor bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi 2010 sepi peminat. Dari 15 badan usaha yang mengambil dokumen penawaran, ternyata hanya enam perusahaan yang masih bertahan dalam tender tahunan tersebut.

“Yang menyampaikan dokumen penawaran sampai hari terakhir ada enam badan usaha,” kata Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas), Tubagus Haryono dalam pesan singkatnya yang diterima detikFinance, Minggu malam (4/7/2010).

Keenam badan usaha itu yaitu PT Pertamina (Persero) PT Aneka Kimia Raya Corporindo Tbk, PT Elnusa Tbk, PT Petronas Niaga Indonesia, PT Shell Indonesia, dan PT Total Oil Indonesia.

“Pada hari Senin (5/7/2010) kami akan mulai memeriksa dokumen penawaran yang mereka sampaikan,” jelasnya.

Sebelumnya, BPH Migas telah mengundang 34 badan usaha untuk mengikuti tender distributor BBM bersubsidi 2011. Namun dari 34 badan usaha yang diundang, hanya 15 badan usaha yang mengambil dokumen penawaran.

Badan-badan usaha tersebut yaitu PT Pertamina, PT Elnusa Petrofin, PT Patra Niaga, PT Petrobas, PT AKR Corporindo Tbk, TPPI, PT Petronas Niaga Indonesia, PT Bumi Asri Prima Pratama, dan PT Total Oil Indonesia, PT Premindo Mitra Kencana, PT Shell Indonesia, PT Petro Andalan Nusantara, PT Usaha Gemilang Utama, PT Usaha Catur Mitra, dan PT Lingga Perdana.

Sama seperti tahun lalu, dalam tender kali ini BPH Migas juga akan mencari pemenang yang akan mendampingi PT Pertamina (Persero) untuk menyalurkan BBM bersubsidi yang menjadi jatah tahun 2011.

Rencananya, badan usaha yang ditunjuk menjadi pendamping Pertamina akan menyalurkan 393.328 kiloliter (KL) premium dan solar untuk pendistribusian tahun depan. Volume tersebut untuk didistribusikan di sejumlah provinsi Indonesia. Di mana untuk solar disalurkan ke 22 provinsi dan premium 20 provinsi.

Sementara itu, Anggota Komite BPH Migas, Jugi Prajogio memperkirakan mundurnya sejumlah badan usaha dalam keikutsertaannya pada tender tersebut dikarenakan ketidaksiapan badan-badan usaha itu dari sisi infrastruktur pendistribusian.

“Apa yang ditawarkan oleh BPH sebagai area pendampingan dengan Pertamina ternyata tidak diminati sebagian badan usaha karena tidak siap infrastruktur,” paparnya.

(epi/qom)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: