diakuisi, berau berobligasi … 010710


Rabu, 30/06/2010 17:23:37 WIB
Berau Coal pangkas obligasi jadi US$400 juta
Oleh: Pudji Lestari
JAKARTA (Bloomberg): PT Berau Coal, produsen batu bara terbesar kelima nasional, memangkas nilai obligasi global yang ditawarkannya menjadi US$400 juta dari semula US$600 juta.

Dalam sebuah laporan riset yang diterbitkan oleh Royal Bank of Scotland Group Plc pada 28 Juni, Berau disebutkan akan menerbitkan surat utang berjangka waktu 5 tahun senilai US$400 juta.

Direktur Berau Thomas Shreve mengatakan manajemen mengatur pertemuan dengan sejumlah investor Singapura pada pekan lalu.

Begitu juga dengan di London dan AS pada pekan ini guna memasarkan obligasinya ke pasar.

Perusahaan yang dikendalikan secara tak langsung oleh Recapital Advisors itu menunjuk Credit Suisse Group AG dan Deutsche Bank AG sebagai pengatur penjualan surat utang.

Sumber Bloomberg menyebutkan Berau menawarkan surat utang dengan kupon sebesar 12,5%.

Berdasarkan data, Berau tercatat memiliki surat utang senilai US$300 juta yang akan jatuh tempo pada tahun ini.

Rencana penerbitan utang ini telah mendapat peringkat B2 dari lembaga peringkat utang internasional Moody’s Investors Service.

Peringkat ini merupakan level tertinggi kelima untuk kategori noninvestasi. Pada 15 Juni, Presiden Direktur Recapital Rosan Perkasa Roeslani mengatakan perseroan akan menggelar lawatan surat utang tersebut pada bulan ini.

“Rencana kami tetap jalan, tidak pernah ditunda. Bulan ini road show ke Singapura, Hong Kong, Eropa, dan AS,” tuturnya kepada Bisnis.com.

Perseroan juga membidik dana segar dari penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) senilai US$100 juta-US$300 juta pada Agustus.

Dengan demikian, Berau Coal Energy mengincar perolehan dana hingga total US$900 juta atau setara dengan Rp8,28 triliun (asumsi US$1=Rp9.200).

Recapital Advisor melalui PT Bukit Mutiara, yang dimiliki sebesar 99,6%, menguasai Berau Energy sepenuhnya pada awal tahun ini dengan nilai akuisisi US$1,48 miliar.

Sebelum berganti nama, Berau Coal Energy adalah PT Risco, perusahaan induk PT Armadian Tritunggal yang dimiliki oleh putra konglomerat Ibrahim Risjad yaitu Selviya Risjad sebesar 10% dan Rizal Risjad sebanyak 90%. (wiw)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: