pemilik adro mo jadi pemilik media … 290610


PT Mahaka Media Tbk (ABBA) akan mendapat dana Rp 139,978 miliar hasil rights issue sahamnya. Pemilik PT Adaro Energy, Garibaldi Thohir akan menjadi standby buyer dalam rights issue ini. Dana hasil rights issue akan digunakan untuk mengakuisisi saham JakTV.

Direktur Utama Mahaka Rudi S. Laksmana mengatakan, dari dana Rp 139,978 miliar, Mahaka akan merogoh Rp 55,5 miliar untuk penyertaan modal di PT Danapati Abinaya Investama (JakTV) sehingga kepemilikan sahamnya menjadi 50%.

Mahaka juga akan membeli 3 media yang tergabung dalam 2 perusahaan. Dua perusahaan tersebut adalah PT Adhara Dhanapa Mahardhika (holding company majalah Golf Digest Indonesia dan Parents Indonesia), serta PT Emas Indonesia Duaribu (Harian Indonesia).

Seperti diketahui, Mahaka akan menggelar penawaran umum terbatas (PUT V) atas saham baru yang diterbitkan sebanyak 1.333.125.000 lembar saham biasa di harga Rp 105 per lembar. Total dana yang dapat dihimpun diperkirakan mencapai Rp 139.978.125.000.

“Dengan aksi ini, perseroan berharap dapat memperkuat positioning sebagai perusahaan multimedia, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam kegiatan usaha,” ungkapnya.

Rasio rights issue sebesar 16:15, yang berarti setiap pemegang 16 saham lama perseroan, berhak atas 15 saham baru HMETD (Hak Membeli Efek Terlebih Dahulu).

Selaku pembeli siaga (standby buyer) adalah pemilik dari PT Adaro Energy Tbk (ADRO) Garibaldi Thohir. Seluruh sisa saham hasil HMETD, akan diserap oleh Garibaldi Thohir maksimum satu miliar saham. PT Wahana Makmur Sejati pun siap menyerap saham sampai 333.125.000 saham lembar.

Rudi mengatakan, untuk mengakuisisi 80% saham PT Adhara Dhanapa Mahardika, Mahaka telah mengalokasikan Rp 12,75 miliar. Kemudian perseroan juga merogoh Rp 13,5 miliar untuk mengakuisisi 80,83% saham PT Emas Indonesia Duaribu.

Selain itu, Mahaka juga akan meningkatkan penyertaan modalnya pada dua media radio yaitu PT Radio Attahiriyah (Gen FM) dan PT Suara Irama Indah (Jak FM).

Untuk Gen FM, perseroan menyiapkan dana Rp 19 miliar untuk meningkatkan kepemilikan sahamnya menjadi 20%. Sementara untuk Jak FM, perseroan akan mengeluarkan dana Rp 11,278 miliar untuk mengambil alih 20% saham Jak FM.

Tak lupa, Mahaka juga menjatahkan dana hasil rights issue-nya untuk PT Republika Media Mandiri (Harian Republika) sebesar Rp 17,6 miliar untuk penambahan modal.

Sumber: detikcom

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: