energi terbarukan, AIR buatan : 220610


Hujan buatan digencarkan untuk jaga debit PLTA
Selasa, 22/06/2010 03:48:01 WIB
Oleh:
JAKARTA: PLN bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan menciptakan hujan buatan untuk mengantisipasi terjadinya penurunan debit air di sejumlah Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di kawasan Indonesia bagian barat.

Kepala Divisi Transmisi PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Indonesia Bagian Barat Yanuar Hakim mengungkapkan kerja sama dengan BPPT tersebut sudah dilakukan sejak awal bulan ini. Dengan begitu, target bebas pemadaman bergilir atau byar pet yang dipatok mulai awal Juli ini diharapkan dapat terealisasi.

“Secara keseluruhan kondisi debit air di beberapa pembangkit sudah mulai turun karena kan sudah masuk musim kemarau, walaupun belum mempengaruhi operasi pembangkit. Kami mempersiapkan hujan buatan untuk antisipasi karena per 1 Juli kan sudah tidak ada pemadaman bergilir,” kata dia kemarin.

Beberapa pembangkit listrik yang sudah mulai penurunan debit air, di antaranya PLTA Maninjau, PLTA Singkarak, dan PLTA Koto Panjang.

Menurut dia, perusahaan listrik pelat merah itu tetap akan melakukan berbagai upaya untuk mengatasi krisis listrik di kawasan Indonesia bagian barat. “Artinya target 30 Juni [bebas byar pet] itu tinggal seminggu dan kami akan mengadakan rapat internal agar target itu bisa tercapai.”

Dia mengatakan hingga kini masih terdapat satu pembangkit listrik Bengkalis yang masih berstatus siaga dan belum terbebas dari padam bergilir.

“Sekarang ini kondisi pembangkit Bengkalis masih siaga karena dayanya boleh dibilang cukup. Kalau ada pemeliharaan atau kejadian tak terduga, berdampak pada pemadaman.”

Menurut Yanuar, penambahan kapasitas terpasang di sistem kelistrikan Indonesia bagian barat hingga akhir tahun ini hanya dari dua pembangkit, yakni PLTU Selat Panjang sekitar Oktober dan PLTU Simpang Belimbing pada Desember.

Sebelumnya PLN juga pernah menciptakan hujan buatan, tetapi lokasi turunnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. “Kali ini PLN bekerja sama dengan BPPT sehingga bisa benar-benar fokus dan turunnya hujan bisa sesuai dengan harapan,” tutur Yanuar.

Oleh Nurbaiti
Bisnis Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: