minyaaa($72)aaak … 020610


Rabu, 02/06/2010 07:29:26 WIB
Harga minyak terus merosot
Oleh: Bloomberg
DALLAS (Bloomberg): Harga minyak mentah merosot untuk hari ketiga di New York terkait sejumlah perusahaan energi memimpin penurunan di ekuitas AS, setelah gagalnya BP Plc untuk menghentikan kebocoran minyak di Teluk Meksiko.

Minyak anjlok di bawah harga US$72 per barel setelah perusahaan minyak seperti Andarko Petroleum Corp.dan Halliburton Co yang menjadikan sektor bidang energi pemain terburuk di Indeks Standard & Poor’s 500.

Pertumbuhan perusahaan dari China hingga wilayah euro melemah di bulan Mei, yang meningkatkan spekulasi atas kemungkinan tertekannya aksi rebound ekonomi global.

“Selalu ada kekhawatiran bahwa melemahnya pasar saham akan berdampak pada melemahnya ekonomi global,” ungkap Michael Lynch, direktur utama Strategic Energy & Economic Research di Winchester, Massachusetts. Lynch menambahkan, “Ketika kamu memiliki perusahaan yang cukup besar seperti BP yang mendapatkan hantaman, maka hal ini dapat memberi efek terhadap Indeks Dow dan S&P.”

Kontrak minyak mentah untuk pengiriman Juli merosot 82 cent atau 1,1% menjadi US$71,76 per barel di bursa elektronik pada New York Mercantile Exchange. Kontrak ini berada di level harga US$72,12 pada pukul 8.48 a.m waktu Sydney.

Kemarin, kontrak ini sempat jatuh US$1,39 atau 1,9% menjadi US$72,58. Sementara itu, kontrak berjangka minyak turun 14% pada Mei.

Indeks Standard & Poor’s 500 jatuh 1,7% menjadi 1.070,71 di New York. Hal ini juga menimpa Indeks Dow Jones Industrial Average yang tergelincir sebesar 112,61 poin menjadi 10.024,02 setelah minggu lalu melengkapi penurunan bulanan sebesar 7,9%, yang merupakan penurunan bulan Mei terparah sejak 1940.(t01/mrp)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: