cadangan batu item indo : 21 M ton, not too bad: 310510


31/05/2010 – 09:00
Potensi Minyak Bumi Capai 8,2 Miliar Barel
Makarius Paru

(IST)
INILAH.COM, Jakarta – Data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merilis potensi sektor ESDM mencakup sumber daya alam energi dan mineral yang dikandung oleh bumi Indonesia lumayan besar antara lain, minyak bumi 8,2 miliar barel, gas bumi 170 TSCF, batubara 21 miliar ton.

Demikian data yang dikutip INILAH.COM, dari situs resmi Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (31/5). Sumber energi non fosil sumber daya panas bumi 28 GW, tenaga air 75 GW, mineral cadangan nikel 627 juta ton, tembaga 41 juta ton, bauksit 24 juta ton, emas 3 ribu ton, granit 13 juta meter kubik.

Kemudian, potensi peningkatan efisiensi, nilai tambah dan konservasi efisiensi energi, pasar energi nasional, pengurangan emisi gas rumah kaca, peningkatan nilai tambah dan konservasi energi sumber daya geologi 15 jalur mineralisasi, 128 cekungan sedimen, 421 cekungan air tanah, 25 sesar aktif.

Selain itu, 129 gunung api aktif sejumlah wilayah kars dan wilayah endapan kuarter berpotensi kebencanaan dan potensi penelitian, pengembangan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia kemampuan teknologi di bidang energi, diversifikasi energi dan ekstensifikasi energi, konservasi, peningkatan nilai tambah, peningkatan kapasitas sumber daya di sektor ESDM. [san/cms]

Besar Kecil Normal
PT Alegria Indonesia Dirikan Pabrik Biodiesel di Pasuruan
SENIN, 31 MEI 2010 | 17:58 WIB
TEMPO/Dimas Aryo

TEMPO Interaktif, PASURUAN – PT Alegria Indonesia, perusahaan patungan Indonesia-Jepang, berencana mendirikan pabrik biodiesel di Pasuruan. Pabrik pengolah biji jarak ini disiapkan untuk memproduksi biodiesel secara massal. Total investasi mencapai US$ 300 juta. “Kapasitas produksi sekitar sejuta liter per bulan,” kata Direktur Hubungan Internasional PT Alegria, Tadashi Nakamura, Senin (31/5).

Sebelumnya, telah dirakit mesin pengolah biji jarak berkapasitas 10 ribu liter per bulan di Karangploso, Malang. Mesin pengolah biodiesel ini menggunakan bahan baku biji jarak para petani di Pasuruan. Namun, hingga kini para petani belum bisa memenuhi kebutuhan biji jarak yang terus meningkat.

Menurutnya, selama tiga tahun PT Alegria Indonesia melakukan penelitian tanaman jarak pagar di Indonesia. Hasilnya, karakteristik tanah di Indonesia lebih baik dibandingkan negara-negara lain di Asia. Rencananya, biodiesel yang dihasilkan akan diekspor ke Jepang untuk memenuhi kebutuhan minyak di sejumlah industri, termasuk pembangkit listrik mikro di perkotaan.

Untuk memenuhi produksi biodiesel secara massal, saat ini para petani di Kejayan, Pasuruan, menanam tanaman jarak pagar di atas lahan seluas 1.200 hektare. Tanaman penghasil energi alternatif terbarukan ini, bahkan telah direncanakan untuk terus dikembangkan, terutama di lahan kering yang tak produktif. “Tanaman jarak bertahan hidup meski di lahan tandus,” ujarnya.

Ketua Komisi Perekonomian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pasuruan Joko Cahyono mendukung penanaman biji jarak. Selain meningkatkan perekonomian petani, juga berperan mengatasi lahan kritis terutama lahan bekas tambang pasir batu di Gempol, Pasuruan. Total luas lahan kritis di Pasuruan mencapai 40 ribu hektare. “Apalagi hasil produksi biji jarak dibeli Alegria dengan harga mahal,” ucapnya.

Pakar biodiesel Universitas Brawijaya Malang Bambang Susilo memperkirakan 10 tahun mendatang cadangan minyak bumi di Indonesia menipis. Dengan demikian diperlukan terobosan untuk menyediakan pengganti bahan bakar fosil. “Kebutuhan energi terus meningkat, sedangkan pasokan minyak bumi terus merosot,” paparnya.

Selain itu, energi yang ramah lingkungan seharusnya berasal dari tanaman selain sumber pangan, seperti jarak pagar. Sebab jika menggunakan jagung, singkong, dan tebu, akan berebut dengan kebutuhan pangan. Apalgi kadar minyak biji jarak mencapai 40 persen. EKO WIDIANTO.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: