yang turun, yang NAIK @adro … 260510


e-trading:

ADRO: Ekspor Tergerus Krisis Yunani

Krisis utang Yunani telah membuat ekspor batubara PT Adaro Energy Tbk ke Spanyol turun sekitar 25-30%. Padahal, Spanyol merupakan salah satu pelanggan terbesar Adaro. Saat ini, Adaro sendiri sudah menjual hasil tambangnya ke 19 negara dengan 41 pelanggan yang tersebar di seluruh dunia. Dimana untuk masing-masing negara, Adaro menyuplai sekitar 2-2,5 juta ton per tahun. Sementara khusus di dalam negeri, Adaro menyuplai 11 juta ton atau sekitar 26% dari total produksi Adaro. Dimana sebesar 70-80% dipasok ke pembangkit-pembangkit milik PLN. Pada tahun 2010, perusahaan batubara terbesar kedua di Indonesia ini, menargetkan produksi akan meningkat dari 40,3 juta ton pada tahun 2009 menjadi 45 juta ton.

26/05/2010 – 08:18
Adaro Alami Lonjakan Permintaan Batubara dari Asia
Makarius Paru

(inilah.com/Wirasatria)
INILAH.COM, Jakarta – Presiden Direktur Adaro Boy Garibaldy Tohir mengatakan permintaan batubara di pasar Asia sangat besar. Namun, Adaro tidak bisa memenuhi semua permintaan tersebut.

“Permintaan batubara pasar Asia sangat besar, peningkatannya sampai 25-40%, namun Adaro sendiri tidak bisa melayani semuanya karena sangat bergantung pada kapasitas produksi Adaro,” kata Boy Garibaldy Tohir disela-sela penganugerahan perusahaan tambang di Rizt Charton, Jakarta, Selasa malam (25/5).

Boy melanjutkan pada tahun 2010 ini, Adaro sendiri telah menetapkan kapasitas produksi capai 45 juta ton, atau naik sekitar 10% dari target produksi 2009 sebanyak 40,3 juta ton.

Katanya lagi, walaupun target produksi hanya 45 juta ton, Adaro pun kini menetapkan penjujalan diatasnya sekitar 45,5 juta ton, karena anak perusahaan Adaro coal trade memiliki volume yang kecil.

Lanjutnya, dari total target produksi 45 juta ton, untuk DMO sekitar 26%, hampir 11 juta ton. Konsumen domestik antara lain untuk PLN sekitar 70-80%, disusul listrik IPP, industri, dan semen. Bahkan Adaro merupakan suplai batubara terbesar ke pasar domestik.

Terkait soal harga, Boy mengatakan Adaro senangtiasa terus melakukan renegosiasi harga batubara sesuai dengan perkembangan harga pasar. [san/cms]
26/05/2010 – 08:14
Krisis Yunani
Permintaan Batubara Adaro dari Spanyol Turun 25-30%
Makarius Paru

(IST)
INILAH.COM, Jakarta – Ekspor batubara PT Adaro Energy Tbk (ADRO) ke konsumen asal Spanyol, Karboe Ex, mengalami penurunan akibat krisis Yunani dan berimbas pada negara eropa, Spanyol.

“Krisis Yunani membawa efek menyeluruh pada kondisi ekonomi Eropa pada umumnya. So far penjualan kita ke spanyol, ke perusahaan Karboex ada penurunan sekitar 25-30%, alhamdulilah permintaan asia meningkat,” kata Presdir PT Adaro Energi, Boy Garibaldy Tohir di sela-sela acara penganugerahan kepada perusahaan tambang terbaik di Rizt Charton, Jakarta, Selasa (25/5) malam.

Dia menjelaskan penurunan permintaan batubara pembeli Spanyol, Karboex sebagai efek dari krisis ekonomi Yunani kena efek Spanyol. Tidak heran di Spanyol bisa terjadi lay off karyawan, alhasil permintaan kepada batubara Adaro turun,” jelasnya.

Lanjutnya, beruntung permintaan pasar Asia sangat besar, bahkan Adaro tidak bisa melayani besarnya permintaan pelanggan Asia lainnya seperti India, Cina, Taiwan. “Kontrak ekspor batubara Adaro ke Karboex untuk batubara power plant sekitar 1,7 juta ton per tahun, dalam bentuk longterm,” jelasnya.

Beruntung dalam strategis pemasaran Adaro menerapkan sistem diversifikasi, kalaupun spanyol menurun maka bisa dialihkan pada pasar kawasan lainnya. “Konsumen batubara Adaro ada 19 negara ,41 customer di seluruh dunia. Permintaan Asia seperti Taiwan, China, India, bisa sekitar 20-30%,” katanya.

Adapun sistem kontrak batubara Adaro dengan Karboex dalam kontrak longterm, rata-rata 1,5 juta ton per tahun. Dan apabila pada tahun tertentu seperti saat ini kebutuhan batubara Karboex lesu, maka jatah batubaranya bisa di carry over pada tahun berikutnya. [san/cms]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: