minyaaa($76)aak … 120510


12/05/2010 – 08:04
Harga Minyak Bergerak Naik
Mosi Retnani Fajarwati

INILAH.COM, New York – Harga minyak bergerak menyamping pada perdagangan Selasa (11/5), masih dalam sentimen paket talangan US$1 triliun di Eropa.

Harga minyak acuan untuk kontrak Juni, turun 43 sen ke US$76,37 per barel pada New York Mercantile Exchange. Angka tersebut lebih rendah US$10 dari level tertinggi dalam 18 bulan terakhir, yaitu US$87,15 per barel. Krisis utang di Eropa telah mengekang keyakinan para investor pada euro, dan ini berdampak pada harga minyak yang menggunakan dolar AS.

Pada perdagangan Selasa, para investor kawatir paket talangan yang diberikan Uni Eropa dan IMF malah bisa menyebabkan permasalahan baru.

BofA Merrill Lynch Global Research mengatakan efek nilai tukar mata uang kemungkinan tidak akan berpengaruh lebih lama dan harga minyak akan terdongkrak ke level US$100 per barel tahun depan.

Sementara itu Energy Information Administration (EIA) menaikkan prediksi harga minyak sekitar US$2 dari estimasi bulan lalu. EIA memprediksikan harga minyak berada pada kisaran US$84 per barel pada semester 2 ini, dan akan naik menjadi US$87 per barel pada akhir tahun 2011.

Di sisi lain, laporan bulanan OPEC mengatakan bahwa tahun ini akan terjadi peningkatan permintaan global. OPEC memproyeksikan kenaikan 1,1% tahun ini menjadi 85,38 juta barel per hari.

Sementara Washington masih terus bekerja untuk mengatasi tumpahan minyak di Teluk Mexico. Namun para analis mengatakan, hal tersebut tidak akan mempengaruhi harga minyak.

Pada perdagangan Nymex untuk kontrak Juni, minyak cair naik 1,99 sen ke US$2,14 per galon, gasolin naik 1,26 sen ke US$2,19 per galon, dan gas alam turun 3,9 sen ke US$4,13 per 1.000 kaki kubik. Di London, harga Brent naik 37 sen ke US$80,49 pada ICE futures. [mre/san/cms]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: