sang pemilik adro berekspansi … 070510


Investasi Recapital capai Rp1 triliun

JAKARTA: Recapital Group mengalokasikan dana sebesar Rp1 triliun untuk investasi sepanjang tahun ini. Selain di sektor perbankan, perusahaan ini juga akan mengembangkan bisnis asuransi serta bisnis air bersih di Banten.
Pendiri Recapital Sandiaga Uno menuturkan untuk sektor perbankan, perseroan akan mengalokasikan dana sebesar Rp500 miliar guna mengambil alih Bank Eksekutif. Bank ini rencananya akan diubah fokusnya ke UMKM.

“Proses akuisisi masih di Bapepam, sedangkan untuk manajemennya masih dalam fit and proper test di Bank Indonesia,” ujarnya kemarin.

Saat ini, Recapital Advisors sedang memfinalisasi rencana untuk mengakuisisi Bank Eksekutif yang sempat mengalami tarik ulur pada tahun lalu di tengah merosotnya kondisi keuangan bank publik itu.

Berdasarkan data Bank Indonesia per November 2010, nilai kredit bermasalah mencapai Rp294 miliar dari total nilai kredit sebesar Rp1,06 triliun. Artinya rasio NPL mencapai sekitar 29%.

Bank Indonesia memberikan kesempatan kepada Bank Eksekutif dan Recapital untuk melegalkan kesepakatan hingga 31 Mei.

Per Januari 2010, Lunardi Widjaja adalah pemegang saham pengendali Bank Eksekutif dengan porsi 50,66%, kemudian Lusiana Widjaja 14,49%, Irawati Wijaya 4,75% dan sisanya di bawah 5% milik publik. Lunardi Widjaja adalah pengusaha asal Surabaya.

Menurut Sandiaga, Recapital akan menyuntikkan dana kepada Bank Eksekutif sebesar Rp1 triliun-Rp1,5 triliun dalam 3 tahun pertama setelah akuisisi dilaksanakan.

Perseroan juga akan masuk ke sektor asuransi umum dan asuransi jiwa. Namun, dia tidak menjelaskan jumlah dana yang dialokasikan untuk masuk ke bisnis ini.

Selain di sektor tersebut, Recapital baru-baru ini juga menyelesaikan transaksi pembelian 90% perusahaan batu bara, PT Berau Coal. Berdasarkan catatan Bisnis, transaksi pembelian tersebut senilai US$1,52 miliar atau setara dengan Rp14,29 triliun.

CEO Recapital Rosan Perkasa Roeslani beberapa waktu lalu mengatakan semua pembayaran obligasi yang terkait dengan pengalihan saham Berau Coal dari krediturnya dituntaskan. (Fahmi Achmad)

Oleh Bambang P. Jatmiko
Bisnis Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: