pemilik elsa MENCIUM gelagat harga tanah … 280410


28/04/2010 – 06:54
[increase] [decrease]
Menu Hari Ini: ITMG, INCO, UNTR, BIPI, ASRI & BSDE
Natascha & Vina Ramitha

(inilah.com/Wirasatria)

INILAH.COM, Jakarta – Bursa saham Rabu (28/4) diperkirakan masih melanjutkan koreksi. Namun bukan berarti tidak ada peluang menguat. Rekomendasinya, trading saham ITMG, UNTR, INCO, BIPI, ASRI dan BSDE.

Alex Sudarto, analis Minna Padi Investama memprediksikan, IHSG pada perdagangan besok masih ada koreksi, namun hanya teknikal saja. Secara keseluruhan, bursa tidak terpengaruh sentimen negatif regional yang menyebabkan koreksi di beberapa bursa Asia.

Investor masih mengantisipasi dividen yang segera keluar dari saham-saham berkapitalisasi besar dan akan segera diumumkan. Ekspektasi dividen ini membuat pasar terjaga volatilitasnya dan memiliki peluang untuk menguat. “Ini merupakan satu-satunya sentimen yang membuat investor bertahan,” katanya kepada INILAH.COM.

Sentimen pembagian dividen ini diperkirakan berlangsung hingga Juni. Investor pun masih melakukan profit taking di saham-saham tersebut. Sektor-sektor yang diperkirakan membagi dividen cukup besar adalah pertambangan.

Terutama emiten dengan porsi kepemilikan saham pemerintah yang masih besar seperti PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA), PT Aneka Tambang (ANTM) dan PT Indo Tambangraya Megah (ITMG). “Pemerintah memiliki mayoritas saham-saham ini,” ungkapnya.

Terkait ekspektasi dividen, Alex merekomendasikan saham ITMG, PT United Tractors (UNTR) dan PT Internasional Nickel (INCO). Ia merekomendasikan investasi, buy on weakness dan tahan hingga dividen keluar. “Namun bisa juga untuk trading buy karena harganya masih tinggi,” ulasnya.

Selain ekspektasi dividen, saham ITMG direkomendasikan karena kepemilikan pemerintah yang cukup besar. Seperti dana pensiunan, jamsostek dan BUMN. Sehingga ekspektasi payout ratio-nya tinggi.

Sedangkan INCO direkomendasikan karena ekspektasi dividennya yang tinggi. Sedangkan UNTR, karena harga minyak mentah yang masih terus naik terdorong permintaan, bukan akibat spekulasi.

Emiten ini diuntungkan karena tambang batubaranya yang dibeli tahun ini, akan mulai membukukan keuntungan di 2011-2012. Prospek UNTR pun cerah, karena harga batubara akan mengikuti kenaikan harga minyak mentah.

Alex juga merekomendasikan beberapa saham lapis kedua. Seperti PT Benakat Petroleum Energy (BIPI), serta dua saham properti, PT Alam Sutra Realty (ASRI) dan PT Bumi Serpong Damai (BSDE). “Saham-saham ini bisa digunakan untuk trading buy,” imbuhnya.

BIPI, setelah mengakuisisi saham PT Elnusa (ELSA), dikabarkan akan mengakuisisi perusahaan sejenis yakni PT Apexindo Duta Pratama. Sementara ASRI dan BSDE memiliki keunggulan karena keduanya memiliki land bank di bagian barat Jakarta.

Akibat terbatasnya lahan, harga tanah di wilayah ini diperkirakan akan naik ke Rp4 juta per meter persegi. Saat ini, harganya masih Rp3 juta, namun pada akhir tahun diperkirakan bisa mencapai Rp5 juta per meter persegi.

Pada perdagangan Selasa (27/4), IHSG ditutup melemah tipis 5,41 poin (0,18%) ke 2.939,3, dengan jumlah saham naik 95, turun 108, dan jumlah saham stagnan 90. Sedangkan dari sisi nilai transaksi mencapai Rp3,33 triliun dengan volume 4.740.090.368. [mdr]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: