minyaaa($81-82)aaakkk … 200410


arga minyak kembali naik
Selasa, 20/04/2010 07:05:18 WIBOleh: Bloomberg
LONDON (Bloomberg): Harga minyak mentah kembali naik dari tiga minggu terendah terkait spekulasi adanya laporan yang menunjukkan cadangan AS merosot pada minggu kedua serta meningkatnya harga ekuitas yang mencegah terjadinya sentimen investor.

Sejumlah cadangan minyak di AS yang merupakan negara pengkonsumsi energi terbesar di dunia, ini mungkin turun 600.000 barel pada minggu lalu, hasil survei Bloomberg menunjukkan. Kontrak pengiriman minyak pada Mei, yang jatuh tempo hari ini, terperosok hingga US$80,53 per barel kemarin setelah Komisi Perdagangan dan Sekuritas AS (SEC) menggugat Goldman Sachs Group Inc., yang menyebabkan beralihnya para investor dari aset berisiko seperti komoditas.

“Goldman lebih tentang rapuhnya kepercayaan,” kata Michael Fitzpatrick, wakil presiden bidang energi di MF Global, New York.

Harga minyak mentah untuk pengiriman Mei, naik 80 sen atau 1% menjadi US$82,25 per barel di New York Merchantile Exchange pada pukul 8.34 a.m waktu setempat di Sydney. Kemarin, minyak mentah sempat tergelincir 2,2% menjadi US$81,45 yang merupakan harga paling rendah sejak 26 Maret lalu, sebelum mengalami reli di perdagangan elektronik.

Hal ini setelah sejumlah saham AS berbalik mengalami penurunan karena Citigroup Inc., mengalahkan perkiraan laba bersih serta laporan Bloomberg yang menyatakan bahwa SEC menggugat Goldman Sachs.

Kontrak bulan Mei tersebut jatuh selama tiga hari terakhir, terkait gugatan terhadap Goldman yang menghantui para investor dan terganggunya penerbangan udara yang disebabkan gunung api Islandia, Eyjafjallajökull, yang memangkas permintaan atas bahan bakar jet, yang turun 6,1% dari 17 bulan tertinggi yaitu sebesar US$87,09 pada 6 April.

Selain itu, kontrak untuk Juni yang diperdagangkan secara aktif naik 12 sen atau 0,1% menjadi US$83,25 per barel hari ini. Kemarin, kontrak ini jatuh 1,8% menjadi US$83,13.

Harga minyak mentah jenis Brent untuk pengiriman Juni turun SU$1,76 atau sebesar 2% menjadi US$84,23 per barel di pasar ICE Futures Europe yang berbasis di London kemarin. (t01)
20/04/2010 – 07:15
Goldman dan Gunung Berapi Tekan Minyak
Mosi Retnani Fajarwati

INILAH.COM, New York – Harga minyak turun pada perdagangan Senin (19/4), dipicu oleh sentimen Goldman Sachs dan aktifnya gunung berapi Iceland.

Harga minyak acuan untuk kontrak Mei turun US$1,79 ke US$81,45 per barel berdasarkan New York Mercantile Exchange. Pada awal perdagangan, harga minyak sempat berada pada US$80,58 per barel.

Pada perdagangan Jumat (16/4), harga minyak turun US$2,27 ke US$83,24 per barel usai the Securities and Exchange Commision menyatakan, Goldman Sachs & Co. tidak memberi hak para investor dengan tidak memberikan transparansi atas produk investasi gadai rumah pada 2008 lalu.

Para investor kawatir akan posisi Goldman saat ini, yang dapat berdampak pada perdagangan komoditas serta muncul spekulasi bahwa Goldman akan melikuidasi aset yang berkaitan dengan minyak untuk membayar pinalti. Para analis yakin, apabila hal itu terjadi maka akan berdampak luas pada perdagangan minyak. Pasalnya, Goldman merupakan pemain besar dalam perdagangan minyak.

Sementara itu awan tebal yang terbentuk dari luapan abu gunung berapi Iceland, telah membuat jalur penerbangan Eropa ditutup selama emat hari. Para trader menyatakan, terganggunya aktivitas lalu lintas udara akan berdampak pada minimnya permintaan bahan bakar pesawat.

Pada perdagangan Nymex untuk kontrak Mei, harga minyak cair turun 6,01 sen ke US$2,157 per galon, harga gasolin turun 2,26 sen ke US$2,254 per galon, dan harga gas alam turun 9,5 sen ke US$3,94 per 1.000 kaki kubik.

Di London, harga Brent untuk kontrak Juni turun US$1,76 ke US$84,23 pada ICE futures. [mre]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: