ekspansi adro 2010 juga … 120410


Adaro Sediakan Dana US$ 160 Juta Bangun PLTU Mulut Tambang
12 April 2010 | 13:33 WIB
Alamsyah Pua Saba
alam@majalahtambang.com

Jakarta-TAMBANG- PT. Adaro Energy Tbk, tengah menyelesaikan pembangunan pembangkit listrik mulut tambang dengan kapasitas 2×30 MW. Pembangunan konstruksi yang sudah dimulai sejak 2008 ini, ditargetkan mulai berproduksi pada 2011-2012. Investasi yang dikeluarkan untuk PLTU mulut tambang ini sebesar US$ 160 juta.

Pembangunan pembangkit ini selain untuk menunjang transportasi sistem tutupan ke kelanis- Overland Conveyor (OLC), juga untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat sekitar tambang. Pelaksanaan pembangunan pembangkit diserahkan kepada anak perusahaan Adaro, PT. Makmur Sejahtera Wisesa (MSW).

Proyek OLC adalah proyek yang utama dalam rangka mendukung keseluruhan strategi bisnis Adaro untuk meningkatkan efisiensi rantai pasokan batubara dari pit ke pelabuhan (pit to port). Pembangunan OLC ini dapat menurunkan biaya operasional sebesar US$ 2-3 per ton, dengan jalur sepanjang 38 km, yang mencakup hampir setengah dari jalur jalan angkutan yang ada yaitu 75 meter.

PLTU mulut tambang ini akan menggunakan batubara wara dan saat ini pekerjaan akuisisi lahan telah dilakukan, dan perkembangannya pada sisi pemasok peralatan lebih awal daripada yang dijadwalkan bahkan asuransi untuk konstuksi proyek pun sudah tersedia.

Sementara itu, mengenai pembiayaan diperoleh dari penerbitan obligasi atau ketersediaan pembiayaan dalam jangka penjang.

Sampai akhir tahun 2009, Adaro telah mengeluarkan biaya sebesar AS$ 34 juta, yang sebagian besar digunakan untuk membayar pemasok.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: