adro YANG solid (isu pajak Gayus gimana donk): 080410


07/04/2010 – 01:44
PT Adaro Energy Tbk
Kinerja Solid Didukung Ekspansi Strategis
Asteria

INILAH.COM, Jakarta – Saham PT Adaro Energy telah menjadi primadona investor akhir-akhir ini. Selain didukung kinerja keuangan yang solid, prospek bisnis dari ekspansi strategisnya membuat emiten ini kian seksi.

Saham berkode bursa ADRO ini terus menunjukkan penguatan yang cukup signifikan. Sejak awal April hingga Selasa (6/4) sesi siang, Adaro telah naik 4,9% ke level Rp2.125. Sedangkan selama Maret 2010, emiten ini telah menguat 7,7%, dari level Rp1.820 ke level Rp1.960.

Pamor Adaro meningkat tajam, dipicu ekspansi strategis perseroan. Perusahaan tambang batubara terintegrasi itu telah menuntaskan proses akuisisi 25% kepemilikan pada proyek batubara BHP Billiton di Indonesia.

Direktur dan sekretaris perusahaan Adaro, Andre J Mamuaya mengatakan, ADRO melalui anak perusahaannya, PT Alam Tri Abadi, pada akhir Maret lalu telah menandatangani perjanjian dengan BHP Minerals Holdings Pty dan BHP Minerals International Exploration Inc. untuk membentuk kerjasama baru dalam proyek batubara milik BHP Billiton.

Adaro akan memiliki 25% bagian dalam kerjasama tersebut, dengan membeli 25% saham pada tujuh anak perusahaan BHP. Yakni PT Maruwai Coal, PT Juloi Coal. PT Kalteng Coal, PT Sumber barito Coal. PT Lahai Coal, PT Ratah Coal dan PT Pari Coal. Seluruh anak usaha BHP Billiton itu menguasai 331.630 hektar lahan tambang di tujuh konsesi dalam lima blok tambang.

“Pembelian ini sejalan dengan strategi perseroan untuk meningkatkan pertumbuhan dan efisiensi. Selain itu untuk mencapai visi Adaro menjadi perusahaan tambang batubara dan energi terintegrasi yang terbesar dan terefisien di Asia tenggara,” paparnya.

Adaro berhasil meminang BHP Billiton, mengalahkan 25 pesaingnya. Mereka berguguran, sehingga di akhir penawaran hanya tersisa empat perusahaan, yaitu PT Adaro Energy, PT Indika Energy, Rajawali Corporation, dan PT Bumi Resources.

Tak hanya aksi korporasinya. Kinerja Adaro pun terbilang sangat memuaskan. Sepanjang 2009 lalu, produsen batubara terbesar kedua di Indonesia ini berhasil mencatatkan laba bersih konsolidasi (diaudit) mencapai Rp4,4 triliun. Angka ini naik lima kali lipat dibandingkan laba tahun sebelumnya.

Melesatnya laba Adaro dipicu realisasi tingginya harga jual batubara serta peningkatan volume produksi batubara, dimana pendapatan usaha naik 49% menjadi Rp 26,9 triliun. Sementara beban pokok pendapatan meningkat 21% dan marjin kotor naik menjadi 41%.

Adaro adalah produsen batubara thermal kedua terbesar di Indonesia, mengoperasikan tambang tunggal terbesar di Indonesia. Adaro juga pemasok utama pasar batubara thermal yang diangkut dengan kapal.

Adaro Energy didirikan dengan nama PT Padang Karunia, perusahaan terbatas yang didirikan di Indonesia pada 2004. Pada 18 April 2008, Padang Karunia berubah nama menjadi PT Adaro Energy Tbk sebagai persiapan menjadi perusahaan publik. Visi Adaro Energy adalah menjadi pertambangan energi dan batubara terintegrasi terbesar dan terefisien di Asia Tenggara.

Adaro Energy dan anak perusahaannya saat ini berkecimpung di bidang pertambangan batubara dan perdagangan, infrastruktur dan logistik batubara, serta jasa kontraktor penambangan.

Setiap anak perusahaan diposisikan sebagai pusat laba yang independen dan terintegrasi dengan baik. Sehingga produksi batubara ADRO kompetitif dan bisa dipercaya. Jaringan suplai batubara ini memberikan valuasi optimal bagi pemegang saham.

Selain cadangan batubara yang besar, Adaro Energy memiliki aset berkualitas tinggi untuk mendukung operasi, seperti jalan sepanjang 75 kilometer yang menghubungkan lokasi tambang ke fasilitas Crushing di Kelanis dan Terminal Batubara di Pulau Laut.

Selain itu, melalui anak perusahaannya, Adaro memiliki pertambangan armada lengkap termasuk Mesin Bor, bulldozer, Wheel dozers, Excavator, Grader, Articulated Truk, Dump Truk, Wheel Loader, Kepala Truk, Kapal, Dollys, penghancur, dan lainnya. [mdr]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: