pendapat seorang pengusaha … 040410


Sabtu, 03/04/2010 14:46 WIB
Sandiaga Uno: Om Willem Pantas Disebut Bapak Pengusaha Indonesia
Ramdhania El Hida – detikFinance

Jakarta – Pengusaha muda Sandiaga Uno sangat terkesima dengan pengorbanan William Soerjadjaya kepada orang kesusahan. Sandiaga menganggap sosok pria yang akrab disapa Om Willem ini pantas disebut Bapak Pengusaha Indonesia.

Sandiaga menceritakan kenangan yang paling membuatnya terkesan ketika pada tahun 1992, yaitu ketika Bank Summa mengalami kebangkrutan, William hadir sebagai sosok pahlawan dengan merelakan sebagian saham Astra dijual untuk menyelamatkan para deposan kecil bank itu.

“Saya teringat ketika tahun 1992, dia satu-satunya pengusaha yang menjual saham perusahaannya (Astra) untuk menutupi utang-utangnya yang tidak dimilikinya. Belum pernah ada pengusaha yang seperti itu. Hal itu karena dia ingin menolong deposan-deposan kecil,” kenangnya dengan mata berkaca-kaca ketika ditemui di rumah duka William di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Sabtu (3/4/2010).

Peristiwa itulah yang membuat Sandiaga menganggap William pantas menjadi Bapak Pengusaha Indonesia. Sandi sangat setuju dengan prinsip yang dipegang William yaitu bahwa sebagai pengusaha jangan selalu memikirkan kekayaan melainkan manfaat dari perusahaan yang dibangunnya bagi masyarakat.

“Beliau merupakan sosok inspiratif. Perusahaan itu bukan hanya dilihat dari kekayaannya tapi seberapa besar menfaatnya bagi sekelilingnya. Makanya visi Astra menjadi aset bangsa,” ujarnya.

Sandi mengungkapkan tidak sedikit profesional lahir di bawah asuhan tangan dingin William dalam perusahaan Astra. Akibatnya, walaupun Astra telah ditinggalnya selama 18 tahun lalu, perusahaan itu tetap dikelola dengan baik.

“Berapa profesional lahir dari bidikan Astra dan menjadi profesional di luar Astra,” jelasnya.

Sandi mengharapkan para pengusaha muda dapat meneladani William karena dia merupakan sosok yang ulet, jujur, dan peka terhadap komunitas.

“Pengusaha muda dapat menarik benang merah inspirasi bahwa bisnis bukan mencari keuntungan tapi visi kepada masyarakat, perjuangan dia membangun dunia usaha menjadi inspirasi bagi pengusaha muda,” harapnya.

(nia/dnl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: