minyaaaa($84)aakkk … 010410


01/04/2010 – 17:19
Rally Komoditas & Pelemahan Dolar AS
Bursa Asia Berakhir Naik 1%
Vina Ramitha
INILAH.COM, Tokyo – Bursa Asia pada perdagangan Kamis (1/4) ditutup menguat karena rallykomoditas dan pelemahan dolar AS. Indikasi menguatnya pemulihan ekonomi di kawasan Asia.

Indeks MSCI Asia Pasifik (APAC) naik 1% ke 126,35 di tengah pulihnya kepercayaan global atas kelanjutan rebound ekonomi. Stoxx Europe naik 0,9% ke 265,94 pada penutupan di London, yang merupakan tertinggi pada 18 bulan terakhir ini. dolar AS diperdagangkan terendah selama sepekan terakhir, futures S&P naik 0,5%.

Harga tembaga untuk pasokan tiga bulanan naik 1,7% ke US$7.923 per ton di London Metal Exchange. Minyak mentah untuk Mei naik 1% naik 1% ke US$84,57 per barel atau yang tertinggi pada 17 minggu terakhir.

Indeks Nikkei Jepang naik 1,4% dan indeks Kospi Korea Selatan naik 1,6%. Demikian pula indeks komposit Shanghai yang naik 1,2% dan mengakhiri kuartal terburuk sejak memasuki pasar bearish pada Agustus tahun lalu.

Data ekonomi dari negara terbesar kedua dan ketiga kembali memulihkan kepercayaan masyarakat akan rebound perekonomian global. Data manufaktur China naik tercepat. Demikian pula Bank Sentral Jepang (BoJ) menunjukkan kenaikan manufaktur selama empat kuartal berturut-turut.

Kepercayaan investor kembali karena penawaran saham perdana (IPO) yang mencapai US$11 miliar, terbesar dalam dua tahun terakhir. Indeks Baltic Dry naik untuk pertama kalinya dalam 12 hari terakhir. Ekspor Korsel naik lebih cepat dibandingkan prediksi analis.

Fund Manager Shinhan BNP Paribas Asset Management Co. di Seoul, Chu Moon Sung mengatkan, pertumbuhan ekonomi mulai kembali. Perusahaan meningkatkan antisipasi meningkatnya permintaan. Hal ini berarti siklus perekonomian global akan segera dimulai. “Kita sudah dekat dari hal itu dan investor seharusnya optimistis,” katanya seperti dikutip Bloomberg, Kamis (1/4).

Saham shipping terbesar Asia naik setelah indeks Baltic Dry untuk tarif pengangkutan naik pertama kalinya sejak 15 Maret 2009. Shipping line terbesar Jepang, Nippon Yusen K.K., naik 1,4%, Kawasaki Kisen Kaisha Ltd. naik 2,4% dan bulk carrier terbesar Korsel STX Pan Ocean Co., naik 1,4% ke level tertinggi selama sembilan bulan terakhir.

Di China, perusahaan batubara terbesar ketiga berdasarkan kapasitas produksi, Datong Coal Industry Co., naik 3,1%. Baoshan Iron & Steel Co., pembuat besi terbesar di negara itu, naik 1,5%. Demikian pula dengan Jiangxi Copper Co. yang naik 1,5%.

Perusahaan emas terbesar kedua di bursa Australia, naik Lihir Gold Ltd., meroket 33% setelah menolak dana A$9,2 miliar dan pengambilalihan saham dari Newcrest Mining Ltd. Kemudian CSR Ltd. melonjak 2,9% setelah perusahaan makanan terbesar di Shanghai, Bright Food Group Co., menaikkan tawaran untuk unit gula perusahaan ini ke A$1,75 miliar.

Di Jepang, IPO Dai-ichi Life Insurance Co., yang merupakan perusahaan asuransi terbesar kedua negara itu membubung hingga 14% di Tokyo. Jumlah tersebut merupakan IPO terbesar di dunia dalam dua tahun terakhir, sejak IPO Visa Inc. pada Maret 2008. Di Jepang, Dai-ichi menjadi IPO terbesar sejak NTT DoCoMo Inc. pada Oktober 1998.

CEO Rogers Investment Advisors Y.K. di Tokyo Ed Rogers mengagumi masuknya US$11 miliar ke pasar dari IPO Dai-ichi dalam waktu sehari itu. Menurutnya, hal ini sangat baik bagi bursa saham Jepang dan perekonomian negara itu secara keseluruhan. “Sebab, Dai-ichi tak mungkin hanya masuk dan kemudian berdiam diri saja,” paparnya. [ast/mdr]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: